nhk

Pasca MotoGP Italia 2017: Dovizioso Sempat Sakit Perut, Diobati ‘Brembo’, Hasilnya Menang

Dovi, Motogp, Mugello

ManiakMotor – Ducati pesta besar di kandang sendiri dengan finish 1-3. Meski bukan Rossi jadi pemenang, pendukung The Doctor masih terhibur. Karena, balapan ronde keenam di sirkuit Mugello dikuasai Ducati, tim pabrikan dari Italia dengan pembalap Divizioso, juga dari negeri Pizza. Meski Dovi menilai kemenangannya itu sedikit ‘ajaib’.

Maaf, bukan pakai paranormal atau dukun agar Ducati bisa menumbang Yamaha di kandang sendiri. Minggu pagi, bangun tidur perutnya terasa sakit karena keracunan makanan. Harusnya menjalankan sesi pemanasan, akibat sakit tidak dilakukan. Trus, saat melaju 360 km/jam di awal balapan rasa sakit muncul akibat goyangan. Beruntung, itu kemudian hilang

“Untungnya, kami tidak perlu mencoba apapun di motor karena siatuasi kami sangat bagus,” kenang Dovi. Memang, seperti dibilang Lorenzo sebelum balapan bahwa Yamaha dan Honda tidak lebih unggul dari Ducati di Mugello. Sayang, ia tidak naik podium namun rekan setimnya. Masih, Ducati toh.

Bermodalkan ban senyawa medium depan belakang (M/M), Dovi tidak menunggu lama untuk melewati Rossi di lap 6. Walau di dua lap awal badannya gemetar hebat di jalur lurus. Pengakuannya, ia saat itu di luar kendali. Tapi, berkat perubahan dilakukan tim pada bantalan rem yang pakai Brembo, bisa menolongnya.

Habis menyikat Rossi, giliran Vinales digeser meski harus menunggu sampai delapan lap. Tapi, pada lap 17 dari dinding pit line menginfokan Vinales 1.2 di belakang, Dovi pun menjaga jaraknya. “Di tikungan terakhir saya sadar kalo saya bisa menang. Dan masuk lap terakhir dengan jarak depalan sepersepuluh, saya pikir dia tidak mungkin mengejar,” sebut Dovi.

Ia naik podium pertama kali di Mugello pada 2009, bukan pemenang tapi ketiga bersama Honda. “Ya, saya menangis seperti Danilo (Petrucci) hari ini,” kenang Dovi. Selama karir di kelas puncak, ini kemenangan ketiga setelah dua sebelum diraih di Donington Park (Inggris) dan Sepang (Malaysia) tahun lalu. Kemenangan Ducati di Mugello terakhir dipersembahkan oleh Casey Stoner pada 2009.  Rezki

BAGIKAN