nhk

Pasca MotoGP Italia 2017: Vinales Dapat Dikalahkan Ducati Karena Gangguan Ini, Barcelona Balasnya

ManiakMotor – Yamaha benar-benar dibikin tak berkutik sama Ducati. Kegagalan Rossi naik podium, sesuai komentarnya lebih karena fisiknya. Tinggal dari Vinales, kenapa dirinya juga gagal menuai 25 angka penuh pada MotoGP Italia di sirkuit Mugello, kemarin (4/6). Bahkan Vinales terlihat kerap melakukan kesalahan sendiri.

Jelang lomba, pemimpin klasemen sementara dengan 105 angka itu bilang kondisi motor sangat baik. Diperkuat lagi dengan dirinya merebut pole position dengan catatan waktu 1:46.575. Bahkan sejak lap 4 memimpin lomba, jelas mempertegas statementnya tentang kondisi M1.

Kendati memimpin, lap demi lap Dovi dapat mendekatinya setelah menggeser Rossi lebih dulu. Mungkin Vinales belum berani menguras maksimal tenaga M1 karena daya cengkeram ban juga belum maksimal. Saat lomba itu ia memakai senyawa keras untuk kedua roda (H/H).

Petaka buat Vinales terjadi di lap 14. Ia dapat dilewati Dovi dan berusaha membalas. Namun di tikungan manuvernya terlalu melebar, tidak disia-siakan Danilo Petrucci yang sukses melibas dua pembalap Yamaha di satu tikungan pada lap yang sama.

Biang yang bikin Vinales gagal menapak podium pertama pengaruh dari insiden di hari pertama dengan kecepatan di atas 208 km/jam. “Ketika saya kembali ke pit, lengan saya terlihat sangat buruk. Sepertinya tulang sudah keluar, tapi setelah diteliti ternyata otot,” tegas pembalap 22 tahun itu kenapa dirinya tidak bisa menangkap Dovi.

Dengan cedera ringan itu, kata Vinales tidak membuat segalanya jadi mudah. Sudah memaksakan semaksimal mungkin sejak awal, tapi Dovi dan Ducati benar-benar cepat. Trus, pada beberapa titik pengereman, ia terlihat lambat. “Pada saat ini, motor kami bekerja dengan baik,” tutup Vinales yang janji akan menebus di Barcelona yang di kandangnya dan punya pendukung banyak seperti Rossi. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN