nhk

Pasca MotoGP Jerez 2017: Rossi Heran, M1 Jadi Lambat Tiga Detik Per Lap

Rossi, Motogp, Jerez race

ManiakMotor – Baru kali ini Valentino Rossi begitu gampang dilibas lawan-lawannya. Tak cuma dari pembalap senior, malah para rookie yang sangat eces melewatinya. Usai balapan, The Doctor bilang beruntung bisa menyentuh finish di tengah masalah getaran, kemarin (7/5). Sehingga ia harus menerima kenyataan pahit dengan finish ke-10.

Ada yang memperkirakan “si gaek” sudah kehabisan tenaga diusia ke-38. Vale tidak bisa meladeni anak-anak muda saat disalip satu persatu, mulai dari Zarco, Dovi, Petrucci, Folger sampai pembalap Aprilia Aleix Espargaro. Padahal, 12 bulan lalu, ia menjadi pemenang di sirkuit Andalucia ini.

“Geteran memaksa untuk memperlambat motor ‘tiga detik per putaran’ menjelang finish,” keluh Vale. Diakuinya, soal akselerasi menjadi masalah akhir pekan ini. Jadi, lanjutnya ia berjuang dengan kecepatan dalam akselerasi. Itulah masalah utama sepanjang akhir pekan ini.

Benarkan, Rossi mulai merasakan getaran di sebelah kiri motornya saat lomba menyisakan enam lap lagi. Dan itu, kian lap getaran semakin keras. Beruntung dirinya memakai ban kompon keras di depan, sehingga daya cengkeram depan yang dianlkan masih terpegang.

Keluhan serupa juga disampaikan rekannya Vinales. Upaya tim memecahkan masalah saat sesi pemanasan (warm up) tidak berhasil. “Saat balapan kami mencoba memodifikasi lewat pemakaian ban dengan kompon medium. Kalau yang keras tak bisa dipakai,” jelas Vinales yang terang-terang dengan M1nya kurang sreg akhir pekan ini. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN