nhk

Pasca MotoGP Jerez 2020: Marquez Cidera, Patut Disalahkan Puig Dan Hernandez

Marquez akan dioperasi Selasa 21 Juli di Barcelona, Spanyol

ManiakMotor – Tidak boleh takabur. Tidak boleh sangat ambisius. Dilarang tamak. Itulah perilaku balapan Marc Marquez di sirkuit Jerez, Spanyol pada Ahad 19 Juli. Out pertama saat baru lima lap balapan berjalan membuatnya terlempar ke posisi 17. Ia mengejar lagi sampai ke-3 sebelum high side saat 3 lap lagi finish.

Harusnya saat masuk lima besar sudah bersyukur, hehe. Sudah mawas diri bahwa ban motornya telah disiksa. Bayangkan dari P17 itu nama-nama pembalap top dilewatinya dengan mudah. Saat itu cara-cara menikung Marquez sudah memaksa-maksa. Makanya di tikungan 3 di mana dia pertama kali out jatuh benaran.

Saat keluar dari T3 di belakang M1 Maverick Vinales (Yamaha), RC213V Marquez kehilangan grip belakang dan seperseribu detik kemudian dapat pegangan lagi. Maka saat itu sobrekernya memompa dan melotarkan kembali pembalapnya ke udara, nah itulah yang disebut proses high side. Yang dilempar tentu saja Marquez dan mendarat dengan punggung belakang lantas terpentok-pentok dan kesulitan bangun.

Bila manajer Repsol Honda Team si Alberto Puig atau kepala kru dan orang dekat Marquez si Santi Hernandez lebih bijaksana, harusnya mereka memperingati Marquez  untuk save dapat point. Diperingati dari PIT seperti umumnya komunikasi pembalap dan kru saat berlomba. Keduanya malah mengompori seperti ingin memperlihatkan jago si Marc tanpa memperhitungkan kemampuan kompon. Apalagi saat itu panas trek 54ºC.

“Terkadang yang diinginkan tidak berjalan seperti harapan. Paling penting adalah bangkit kembali dan melanjutkan,” kata Marquez setelah kecelakaan dan membuat bahunya patah dan harus dioperasi di rumah sakit Barcelona pada Selasa 21 Juli.

Artinya, kemungkinan nggak bisa ikut seri 2 yang tinggal beberapa hari lagiditempar sama sangat besar. Karena Dr. Xavier Mir yang menangani kecelakaan di sirkuit, mengingatkan minimal sebulan Marquez mengembalikan kesegaran Marquez yang sebenarnya bahunya juga masih dalam perawatan.

“Marc mengalami cedera, dari dampak langsung ban. Dia patah tulang pada batang humerus pada lengan kanan. Patah tulang lengkap meskipun tidak sepenuhnya bergeser. Selanjutnya Marc dipindahkannya ke Barcelona untuk melakukan perawatan yang lebih mendalam,” kata Dr. Xavier Mir.

Puig dan Hernandez belum kasih komentar soal tanggung jawab mereka. Harusnya juga mereka tahu betul seri MotoGP 2020 sangat rapat. Cidera akan berdampak panjang pada seri-seri selanjutnya, kurang waktu memulihkan diri. Miolo

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353