nhk

Pasca MotoGP Mugello 2019: Rossi Kehilangan Segalanya, Juga Yamaha Keseluruhan..!

ManiakMotor – Dari sesi latihan, kualifikasi sampai race Valentino Rossi nggak berkembang di sirkuit Mugello, Italia yang pernah dijuarainya 7 kali berturut-turut. Boleh dikata Rossi mati kutu. Dipuncaki dua kajadian melakukan kesalahan bersama Joan Mir (Suzuki) karena terjebak bertarung di belakang. Dan akhirnya terkapar, ya jatuh.

Ahad 2 Juni 2019 ketika raceday bintang Yamaha tersebut memang start dari grid 18. Biasanya cemerlang mengeksekusi start, kali ini nggak bisa melakukannya, “Saya menderita segalanya. Akhir pekan yang sangat sulit. Terburuk..!” seru Rossi yang posisi klasemennya dilewati Danilo Petrucci (Ducati) yang juara. Ya tadinya ke-4 jadi ke-5.

Rossi sudah mengira akan peras keringat dan otak di Mugello dengan kondisi M1 2019 yang masih tertatih-tatih. Tapi tak menyangka akan sepahit yang berlangsung seperti Minggu tersebut. Dia mengakui dari semua sesi dia tak bisa berbuat apa-apa di negeranya sendiri.

“Sabtu saat FP3 yang sangat penting untuk berebut ke-Q2 saya membuat kesalahan di tikungan terakhir, harus ke-Q1. Sejak dari sini semuanya menjadi sulit. Saat balapan dari grid belakang dan start kurang tepat. Mau ngomong apa lagi, aku kehilangan segalanya apalagi bersentuhan dengan Mir dan out. Untuk menyalip saya nggak punya akselerasi dan top speed. Akhirnya jatuh,” tambah Rossi yang hanya bisa menyalahkan diri sendiri.

Rossi jujur saja, sejak nggak lolos dari Q1, itu awal kehancuran. Motornya diakui lambat. Ganti motor pun sudah dilakukan, tapi sama saja keok di trek lurus dan akselerasi. Di mana dia menderita? “Di Mugello bukan hanya top speed yang payah. Akselerasi dari sudut ke sudut, sekarang jaraknya cukup besar dengan lawan,” tambah Rossi.

Disusul dengan situasi M1 lain. Fabio Qurtararo dan Franco Morbidelli yang garang di kualifikasi saat race ternyata juga nggak berkutik. Akselerasi dan top speed mereka sangat jauh dari Honda dan Ducati bahkan dengan Suzuki. Posisi terbaik hanya diperoleh Maverick Vinales yang ke-6. Itu pun tidak menggambarkan M1 sebagai motor pabrikan. Lha wong finish 6 detik kemudian.

Ya mati kutu tadi dan Yamaha menuju kegagalan seperti tahun-tahun sebelumnya di tengah pesatnya lawan. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Mugello 2019 Moto2 Dan Moto3 31 Mei – 2 Juni 2019

eē

BAGIKAN