nhk

Pasca MotoGP Mugello 2019: Top Speed GP19 Petrucci & Dovi, Justru Kalah Dari Honda..!

ManiakMotor – Dua Ducati yang lagi bertarung dengan Honda Marc Marquez di Mugello, Italia pada Ahad 2 Juni 2019, memang jago top speed. Tapi bukan Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso yang tercatat memperoleh top speed tertinggi di Mugello. Justru top speed mereka di posisi ke-6 dan ke-7.

GP19 Dovizioso tercatat ‘hanya’ 350.4 km/jam dan Petrucci 349.6 km/jam. Itu masih kalah jauh misalnya dengan Ducati Michele Pirro (tester Ducati) 353.8 yang paling tinggi top speed-nya. Atau dua Honda.

“Sangat bagus melawan dua Ducati sekaligus. Saya tidak kesulitan untuk slipstreaming. Keduanya saya bisa pakai untuk itu,” papar Marquez soal menguber dua Dcati ketika lomba tapi mengaku usai melakukan slipstreaming kerepotan melakukan pengereman karena saking kencangnya makanya dia sering melebar.

Demikian pula dengan Honda Marquez yang sering melakukan slipstreming tersebut. Ternyata top speed-nya nggak tinggi-tinggi amat. Malah kalah dengan Honda Cal Crutchlow dan Jorge Lorenzo yang tercatat dapat top speed kedua dan ketiga tertinggi setelah Pirro. Crutchlow 353.6 km/jam dan Lorenzo 353.5 km/jam. Marquez sendiri 246 km/jam  hanya urutan ke-15.

Dari sini bisa diketahui gambaran umum pengembangan mesin GP19 Dovi dan Petrucci. Juga set-up yang berkembang di ronde 6 MotoGP Mugello pada dua Ducati tersebut. Tak melulu membela top speed yang jadi keunggulan mereka. Justru top speed tersebut agak dikurangi dengan melihat akselerasi menengah dua motor tersebut nggak kalah dengan RC213V Marquez.

Seperti pernah dibicarakan Dovizioso jelang Mugello. Katanya GP19-nya berbeda dengan yang tahun-tahun sebelumnya melulu membela kecepatan puncak. “Yang sekarang memang top speed agak berkurang, tapi berkembang di beberapa bagian,” kata Dovi yang mengaku kerepotan bertempur segitiga antara teman setimnya dan Marquez lantaran Mugello saat lomba kemarin lebih panas.

Dan yang terlihat memanfaatkan kelebihan GP19 justru Petrucci. Di tikungan-tikungan dia sanggup jauh lebih cepat dari Marquez sekaligus Dovizioso. GP19 lebih enak meluncur terutama dua tikungan menuju finish. Dia sangat apik menjaga kecepatan GP19 untuk bisa diganggu Marquez. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Mugello 2019 Moto2 Dan Moto3 31 Mei – 2 Juni 2019

Pasca MotoGP Mugello 2019: Rossi Kehilangan Segalanya, Juga Yamaha Keseluruhan..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353