nhk

Pasca MotoGP Prancis 2017: Lebih Cepat Satu Km/Jam Bikin Rossi Terguling

ManiakMotor – Pernah dengar atau baca artikel, pembalap gagal menang banjir pujian. Baru Rossi lah yang menerimanya di sirkuit Le Mans yang melegenda dengan filmnya “Le Mans” dibintangi Steve McQueen. Karena, dalam drama berdurasi 28 lap, The Doctor sebagai aktor utama sudah memainkan perannya dengan sempurna, kemarin (21/5).

Justru mau endingnya, sang aktor terjatuh yang katanya sebagai “konsekuensi” dari kesalahan sebelumnya. Meski ia sendiri tidak mengerti mengapa sampai jatuh. Lebih tepatnya, “emosi” Rossi terpancing yang digoda oleh keyakinan berlebihan.

Ya, saat balapan menyisakan dua lap dari 28 lap, Rossi memutuskan untuk melibas rekan setimnya. Tindakan dapat dilakukan dengan baik, tapi Vinales menekan. Rossi berkeyakinan bahwa dia sangat kuat di sektor empat ditambah performa M1 ikut mendukung. “Saya tahu di sektor itu memang saya sangat cepat dan berpikir untuk mengambil ulang,” sebut Rossi.

Makanya, ketika memasuki daerah yang diyakininya, kesalahan kecil dilakukan Vale. Motornya melebar di tikungan Garage Vert, sehingga dengan mulus anak Spanyol melewatinya. Karena masih di sektor empat dan jarak masih dekat, Rossi mengejar.

“Dalam situasi mengejar, Anda harus tetap konsentrasi ke bagian depan. Saya justru kehilangan grip belakang. Apapun, membuat kesalahan seperti itu sangat memalukan. Pulang ke rumah dengan poin nol,” tegas Rossi. Makanya, saat tergelincir bagian belakang motor  jalan ke depan.

Mengenai Garage Vert, katanya, saat sampai pada titik tikungan, “Mungkin saya melaju lebih cepat satu kilometer/jam. Akibatnya, saya kehilangan motor saat ngerem yang jadi kesalah awan di T6 sebelum jatuh di T11,” urai Rossi yang abis balap memeriksa secara mendalam semua data.

Padahal, lanjutnya, dengan tinggal lima tikungan ia yakin bisa menang. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

Hasil MotoGP LeMans, Prancis 19, 20, 21 Mei 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN