nhk

Pasca MotoGP Prancis 2017: Viñales Dapat Ritmenya Kembali..!

 

ManiakMotor – Jujur saja sejak pegang Yamaha nggak ada yang bisa meragukan Maverick Vinales. Sudah dibuktikan dua seri pendahulu yang menang berurutan. Jauh hari sudah diperlihatkan pada test pramusim sama sekali tak terkalahkan sejak pegang  M1. Ya cuma kalah di Amerika dan Jerez.

Tapi kembali dubuktikan di sirkuit Le Mans, Prancis pada Ahad 21 Mei 2017 dalam rangka ronde 5 MotoGP tahun ini. Ciamik coy, cara mainnya dari halus sampai keras dilayani. “Sejak awal sudah dibilang, Le Mans adalah sirkuit yang pas dengan cara saya membawa motor,” sebut Vinales yang saat ini sudah memimpin klasemen setelah dia pimpin diawal dan hilang dua seri lalu.

Disebut bermain halus dan keras adalah karakternya yang sebenarnya tidak seagresif Marc Marquez, misalnya. Akan tetapi semua tipe dilayani seperti dia pernah duel dengan Andrea Dovizioso di Qatar. Lalu khusus di Le Mans bertarung dengan Johan Zarco dan senior satu tim dengannya, Valentino Rossi.

Dia sih menyinggung Zarco, tapi yang lebih penting lagi soal ceritanya pada Rossi. Saat itu sebenarnya, Vinales  sudah menjaga kecepatan dilihat dari fastest lap yang malah diciptakan Rossi di lap 23 dari 28 lap lomba. Vinales sendiri sudah memainkan manajemen kompon agar nggak kehabisan. Tapi menuju lap 26 dia tertangkap Rossi sendiri dan nalurinya untuk merebut juara kembali muncul.

Usai disalip dia beraksi lebih keras melayani permainan The Doctor. Coba perhatikan fastest lap yang dia buat dan tercepat di lomba itu dia ciptakan di lap terakhir. Lap yang sudah sangat genting saat level grip ban medium-medium yang dia gunakan sudah menurun. “Saya lihat Valentino (Rossi) melakukan kesalahan kecil. Di situ ada peluang masuk dan berhasil. Selanjutnya saya tak membuka celah sama sekali, karena saya tahu Valentino sangat kuat,” tutup Vinales yang nggak tahu Rossi sudah terjatuh. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

 

BAGIKAN