nhk

Pasca MotoGP Prancis 2019: Marquez Dengan Sasis Korekan RCV

ManiakMotor – Di GP Prancis, sirkuit Le Mans, Marc Marquez menggunakan ban paling lembut depan. Itu bukan kebiasaan dirinya dan motornya pada lomba 19 Mei 2019 tersebut. Hasilnya dia bukan sekadar juara, tapi menang mutlak.

Katanya mesin big-bang Honda RC213V yang makin ketemu alias performanya jauh meningkat. Itu dikombinasikan dengan sasis yang terus dikembangkan lewat up-grade RC213V 2019, “Gembira, di Le Mans pertama kalinya saya menggunakan ban depan lembut. Tahun ini kami dapat mengendarai dalam dua atau tiga cara berbeda,” kata Marquez di Crash.net.

Dengan sasis yang terus ‘dikorek’ itu, Marquez juga tidak tergantung pada pengereman yang ekstrem. Itu loh, mengerem sangat dekat titik masuk tikungan, sembari mengepotkan roda belakang agar moncong motor langsung mengarah ke mulut tikungan. Itu katanya beresiko.

Walau di Le Mans kemarin, kebiasaan Marquez tersebut masih sering muncul. Buktinya dia jatuh di sesi latihan. Tapi degan cara begitu para krunya dan HRC langsung memahami set-up yang dibangun. Termasuk di dalamnya suku cadang yang perlu dikembangkan selanjutnya pada tunggangan Marquez. Ka

Boleh didengar dari omongan langsung Marquez, “Tahun lalu coba pertajam catatan waktu  pada titik pengereman. Tahun ini berubah dengan cara yang berbeda. Pengereman paling dekat, punya risiko dan sulit konstan. Sekarang ditemukan mempercepat time di area lain dengan pakai ban lembut,” tambah Marquez yang membawa Honda menang ke-300.

Cara itu diperoleh pada mesin RC213V yang lebih jalan yang digabung dengan sasis. Ternyata,  itu semata-mata diciptakan agar Marquez bisa mengadopsi cara Andrea Deovizioso dengan Ducati dan trik Jorge Lorenzo. Marquez terkesan oleh dua joki itu dan sekarang sudah sangat dimengerti olehnya.

Kemenangan kemarin yang sudah kabur duluan juga ada alasannya, ““Jika Anda menginjak rem terlambat dan masuk terlalu cepat, ban depan panas. Bila selalu mengikuti pengendara lain, kompon depan juga akan panas. Untuk alasan itu, coba untuk memimpin balapan dari awal agar ban tetap pada suhu ideal,” pungkas Marquez dengan senyum kemenangan.

Mantaplah kalau begitu. Oka

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis 17 – 19 Mei 2019 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Pasca MotoGP Prancis 2019: Pol Espargaro Dengan KTM RC16 Merasa Juara

Race MotoGP Prancis 2019: Tetap Marquez, Deh..! Tak Ada Hambatan Juaranya

BAGIKAN