nhk

Pasca MotoGP Prancis 2019: Pol Espargaro Dengan KTM RC16 Merasa Juara

ManiakMotor – Separuh balapan berada di rombongan depan, tentu bikin bangga KTM. Kru dan pembalapnya bersuka ria saat Pol Espargaro finish ke-6 di sirkuit Le Mans, Prancis pada Minggu 19 Mei 2019. Luara biasa, RC16 bisa bertarung dengan GP19, RC213V dan M1 di lintasan kering.!

Kalau basah RC16 sudah pernah podium ke-3 di Valencia tahun lalu. Kali ini kering dan melawan nama-nama besar di MotoGP, “Saya puas. RC16 mampu diajak cepat bersama kompetitor yang telah duluan merajai MotoGP,” cerita Pol Espargaro, pembalap KTM yang mampu berada di rombongan depan ke marin di Le Mans.

Tanda-tanda RC16 mampu berada di rombongan depan dengan masuknya si Pol langsung ke-Q2. FP2 yang jadi penentu akses langsung ke Q2, saat itu RC16 si Pol mampu ke-7 dengan catatan 1 menit 31.923 detik. Bayangkan, seorang Valentino Rossi yang menggunakan M1 harus dia singkirkan.

Tapi di Q2 kelihatannya sempat berantakan karena diadakan dalam suasana gerimis. Dia pun harus start dari grid 12. Tapi saat lomba dia dengan segera bisa masuk rombongan depan. Bahkan berhasil bergerombol dengan Rossi, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso.

Katanya sih kelemahan RC16 ini pada posturnya yang lebih tinggi dan bobot lebih berat 5 kg karena ngotot pakai rangka baja. Termasuk satu-satunya pabrikan menggunankan suspensi WP. Kan yang sebagian besar pakai Ohlins. Makanya di tengah tikungan RC16 dianggap kurang cepat dibanding kompetitor.

“Saya tidak akan berbicara titik lemah KTM yang lmabat di tengah tikungan. Mesin V4 kami memiliki karakter tertentu. Anda keuntungan yang bisa dimanfaatkan di tengah kekurangannya. Saya harus menggunakan keunggulan KTM secara cerdik,” pungkas Pol dengan senang dan riang karena finish ke-6 di Le Mans. MM

1’31.923

BAGIKAN