nhk

Pasca MotoGP Prancis 2019: Yamaha Belum Juara, Rossi Soal Top Speed Dan Akselerasi

ManiakMotor – Balapan MotoGP ronde 5 di Le Mans, Prancis telah usai. Yamaha kembali gagal juara. Valentino Rossi yang terbaik di negara anggur itu hanya finish ke-5. Teman setimnya, Maverick Vinales gagal finish, lantaran jatuh. 

Jadi lebih baik dengar keluhan Rossi. Saat lomba doski kesulitan berkumpul dengan tiga Ducati, apalagi mengejar Marc Marquez dengan Honda-nya yang jauh di depan, “M1 sangat bagus dikendarai di tikungan dan bagus dalam pengereman. Tetapi yang jadi masalah akselerasi dan trek lurus,” sebut Rossi yang start dari grid 5.

Rossi saat finish tertinggal 3.053 detik dari Marquez. Itu akibat minimnya power M1 untuk putaran tinggi uyang dibutuhan di trek lurus. Ditambah pula, dibanding Ducati dan Honda, akselerasi M1 masih kalah garang. Kekurangan Newton meter (Nm) untuk melontarkan motornya mengejar tiga Ducati dan RC213V.

Di data memang top speed Rossi hanya urutan ke-19 dari 22 peserta. Bayangkan. Untungnya Rossi mulai balapan dari baris kedua, “Awalnya saya tidak terlalu buruk. Coba maksimal. Tapi saya tidak cukup cepat. Saya kehilangan laju di trek lurus. Juga  kehilangan akselerasi di tikungan berkecepatan rendah,” tambah Rossi.

Rossi sudah berjibaku untuk tetap di kelompok podium. Dia selalu menggunakan slipstream, tapi lama-lama kehilangan tebengan angin karena memang kalah cepat. Podium yang menjadi tergatnya pun harus dilupakan, karena memang kalah pada dua area tadi dibanding lawan di depannya.

Ke sirkuit-sirkuit berikutnya sudah menunggu top speed yang lebih kejam lagi. Karena itu, Rossi dan pasukannya akan konsentrasi di situ. “Terutama untuk mengejar Ducati dan sekarang ditambah Honda yang perbedaannya sangat besar dengan kami,” tutur Rossi dengan wajah menderita kekalahan lantaran sudah menjauh 24 poin dari pemimpin klasemen.

Juga belum pernah juara dari lima seri berlalu. Oka

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis 17 – 19 Mei 2019 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Pasca MotoGP Le Mans 2019: Dovizioso Khawatir Ducati Makin Ketinggalan Dari Honda

Pasca MotoGP Prancis 2019: Marquez Dengan Sasis Korekan RCV

Pasca MotoGP Prancis 2019: Pol Espargaro Dengan KTM RC16 Merasa Juara

BAGIKAN