nhk

Pasca MotoGP Qatar 2017: Marquez Gagal Podium Korban Kebingungan dan Bisikan

Marquez, lomba, qatar

ManiakMotor – Gangguan cuaca dan ditundanya balapan membawa petaka bagi Marc Marquez. Meski keputusan Race Director dinilainya benar, hujan rintik sejenak telah membingungkannya. Korbannya, penggantian ban yang semula sudah disepakati tim dan dirinya.

Saat masuk trek menuju garis start, Honda RC213V yang dinaiki MM sudah terpasang ban kompon keras depan dan belakang medium. Ternyata, rintik hujan dan penundaan lomba telah merubah pikirannya agar roda belakang diganti ban medium. Selain keputusannya, MM juga diperingatkan oleh orang Michelin. “Anda satu-satunya dengan ban keras, hati-hati Anda bisa crash,” sebut MM meniru ucapan orang Michelin

Marquez pun berkata “OK”. Penggantian ini juga diikuti pembalap satelit Honda Cal Crutchlow yang sebelumnya juga sama dengan MM. Ternyata, keputusan mendadak salah dan  harus dibayar mahal. Cal terlempar dari motor pada lap ke-4 dari 20 lantaran suhu udara drop dan kelembaban semakin tinggi.

Bagaimana dengan Marquez? usai menempuh lima lap, kondisi ban, katanya mulai hancur. Dirinya pun tidak berani memaksa dan mendorong motor maksimal. Ia hanya menjaga posisi tidak terlalu jauh dengan ketiga pembalap di depan dan dekat dengan rekan setimnya Dani Pedrosa.

Marquez pilih depan keras, katanya hanya dua pilihannya. Raih kemenangan atau jatuh. “Tapi,ya ini (ban depan medium) adalah kesalahan terbesar,” tegasnya. Meski salah ban, sampai pertengahan lomba ia masih bisa di urutan kedua. “Selesai lomba saya juga dengar Dani ada masalah sama ban depan medium,” tutup Marquez. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

BAGIKAN