nhk

Pasca MotoGP Qatar 2017: Vinales Menang Berkat Taktik Briliannya dan Sabar

VINALES, MOTOGP, QATAR

ManiakMotor – Hebat! Itulah kata yang tepat diberikan buat Maverick Vinales. Pembalap 22 tahun itu tak hanya menorehkan kemenangan dalam debutnya bersama tim baru Yamaha Movistar. Pada balapan pembuka musim kompetisi 2017 menempuh 20 lap, ia telah memelekkan mata penonton yang tadinya mulai mengantuk, baik di sirkuit Losail, Qatar (26/3) maupun di jagad yang menyaksikan lewat televisi.

Persaingan Vinales sama pembalap Ducati Dovizioso sejak lima lap terakhir bikin penonton harus menahan napas. Mereka silih berganti memimpin lomba. Unggul di tikungan, tapi Vinales digasak di trek lurus oleh tenaga dahsyat Desmosedici GP17.

Akhir lap 19, ke luar tikungan terakhir Vinales bikin satu kali gerakan zig zag. Tujuannya, agar Dovi tidak bisa melakukan slip-streaming. Kalau dilakukan dua kali, apalagi sampai tiga, ia bisa kena sanksi karena dianggap menutupi. Ternyata, taktik ini sukses dan masuk tikungan pertama lap terakhir (20) tetap ada jarak dan itu lap tercepat Vinales dengan 1:56.157.  Vinales pun dapat menyentuh garis finish.

Lepas start dan usai satu putaran, posisi Vinales mundur jadi  kelima di belakang Zarco dan Iannone (keduanya jatuh), Marquez dan Dovi. Malah sekitar 10 lap awal hanya membayangi posisi ke-4. “Tak perlu memaksakan diri di awal lomba. Saat tiba di tikungan pertama, saya sudah kedua, tapi datang Zarco dan saya menghindar. Kalo tidak, kita tabrakan. Lalu, datang Marc dan Dovi menyalip saya,” kenang Vinales.

Vinales bilang tidak berani meladeni keempat pembalap karena kondisi trek masih licin. Juga tidak bisa mengembangkan kecepatan di setiap tikungan pada beberapa lap awal lantaran masih ramai, sehingga sulit untuk mengubah motor. “Ketika kondisi sudah aman, saya mulai konsentrasi, memelihara ritme sampai akhirnya muncul kepercayaan diri. Saat berhasil menyalip Marc, di situ saya katakan saat dorong motor ke depan,” papar Vinales. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

BAGIKAN