nhk

Pasca MotoGP Qatar 2019: Mendingan Rossi Dari 14 Jadi Ke-5, Vinales Grid 1 Jadi Ke-7

ManiakMotor – Omongan nitizen, masih mendingan Valentino Rossi. Berantakan dari sesi latihan sampai kualifikasi dan hasilnya start dari grid 14, balapan bisa ke-5. Ketimbang Maverick Vinales yang jagoan kualifikasi sampai pole position dan mantap di sesi latihan, hanya finish ke-7.

Begitu memang yang terjadi di ronde pertama MotoGP di sirkuit Losail, Qatar pada 10 Maret lalu pada dua joki Monster Yamaha. Penggemar tentu punya perhitungan terhadap Vinales. Dia akan maksimum saat lomba di barisan depan, bertempur untuk membela juara.

“Ya memang saat sendirian saya cepat. Tapi begitu balapan kalah top speed. Tercecer dan memaksa berakibat ban belakang cepat habis,” alasan Vinales untuk menyalib Joan Mir rookie Suzuki saja kesulitan. Nyaris M1-nya yang ganas di sesi kualifikasi nggak berkutik saat lomba.

Alasan berikutnya, saat rame-rame membalap, dia nggak bisa menjalankan aksinya seperti sendirian cari time. Contoh usai pengereman, doski kesulitan menggiring M1-nya pada racing line yang dia pakai sendirian, karena sudah ada lawan di situ. Akhirnya pakai jalur beda yang membuat ban belakangnya banyak termakan akibat membuka rpm lebih awal yang besar untuk mempertahankan luncuran motor.

Berbeda dengan Rossi yang mengakui berhasil mengatasi persoalan grip depan M1-nya saat masuk lomba. “Sayang, saya terlalu jauh posisi startnya, sehingga menguras ban untuk berkumpul di rombongan depan. Secara keseluruhan, saya menikmati balapan,” papar Rossi yang nggak cerita fisik dan otak juga terkuras dari posisi 14 maju perlahan sampai 4 lap to go baru bisa kelima. Lalu dia berhadapan dengan empat pembalap lain yang setara. Itu yang membuatnya kesulitan karena telah memporsir dari posisi 14.

Rossi untuk balapan masih melakukan beberapa modiifikasi. Tapi dia curiga, M1 masih memiliki persoalan bawaan tahun-tahun sebelumnya. Untung saja bermain di Losail yang secara tradisi, M1 cocok. “Jadi, untuk tampil di sirkuit lain harus fokus mencari persoalan,” tambah Rossi yang memuji Suzuki dengan Alex Rins begitu sulit dilewati saat lomba.

Rossi memang bertempur sesuai pengalamannya, umur 40 tahun start dari belakang sampai maju ke depan. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 8 – 10 Maret 2019 Moto2 Dan Moto3

Pasca MotoGP Qatar 2019: Rame-Rame Protes Airscoop (Aerodinamis) Di Swing-Arm Ducati GP19 Dovizioso

Pasca MotoGP Qatar 2019: Yang Masih Cidera Lorenzo, Marquez Sudah Sembuh Total

Pasca MotoGP Qatar 2019: Strategi Ducati Lewat Dovi Paling Tepat, Tak Perlu Kebut-Kebutan Saat Tes

 

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353