nhk

Pasca MotoGP Sachsenring 2018: Rossi Belajar Cara Folger, Pembalap Jerman

ManiakMotor – Masih ingat Jonas Folger? Itu loh pembalap Tech 3 yang digantikan Hafizh Syahrin lantaran sakit. Nah dia memang pembalap Jerman yang tahu seluk-beluk sirkuit Sachsenring. Tahun lalu dia mampu melayani Marc Marquez jagoan Sachsenring, walau hanya pakai M1 satelit.

Menurut Valentino Rossi, dia bisa kedua lantaran pembalap tersebut. Dia membuka data yang dilakukan Folger bisa selevel Marquez tahun lalu. “Saya pelajari cara-caranya membalap di sirkuit ini. Dari racing line sampai caranya ngegas. Saya buka juga data settingan motor. Eh berhasil sejak Sabtu sampai lomba. Padahal Jumat saya ke-17,” jujur Rossi yang artinya sampai seorang senior seperti The Doctor pun masih meluangkan waktu untuk belajar, hehe.

Untuk itu, jagan ditanya sirkuit Sachsenring yang stop and go stamina Rossi masih layak dipuji. Ini sirkuit butuh fisik. Sayang Rossi nggak membuka settingan apa gerangan yang membuatnya bisa melawan dan jalur yang efisien di Sachsenring.

Tapi memang, jalur Rossi rada berbeda pada lomba tersebut. Perhatikan dari trek lurus masuk T1, motornya digiring ke dalam duluan. Tapi sampai di tikungan malah lebih cepat. Karena belajar dari pembalap tuan rumah.

Yang pasti Rossi menganggap balapannya di Sachsenring 2018 yang terhebat musim ini. Ya iyalah, kan podium terbaik dari 9 ronde lalu, “Saya tak pernah membuat kesalahan dalam 30 lap. Walau begitu, akselerasi motor masih kalah dengan Honda dan Ducati. Di tikungan saya bisa cepat, saat keluar sulit mengejar,” pungkas Rossi.

Lanjutkan. Miolo

BACA JUGA

Marc Marquez Disebut Sachsenking, Rajanya Sachsenring Di MotoGP

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Hasil MotoGP Jerman Sachsenring 13 – 15 Juli 2018 Moto2 Dan Moto3

BAGIKAN