nhk

Pasca MotoGP Sepang 2017: Marquez Keempat, ‘Dua Senjata’ Andalannya Tidak Bekerja Baik

Marquez, Sepang, Motogp

ManiakMotor –  Sebenarnya, dengan finish ketiga di Sepang, Malaysia Marquez sudah memastikan merebut juara dunia keempatnya. Apalagi di depannya Johann Zarco yang pakai ban lunak (belakang), sedang dirinya andalkan medium tentu bisa menggeser pembalap Yamaha Tech 3. Ternyata, ada faktor lain bikin ia menunda penobatan gelar 2017 di ronde ke-17, kemarin (29/10).

Sejak sebelum laga di Motegi, Marquez sudah bilang kemungkinan gelarnya dirayakan di Valencia. Boleh jadi, ini membuatnya tidak ngotot balap 20 lap di bawah kondisi trek licin. Itu di luar dugaannya dan juga tim, meski tahun lalu pun balapannya hujan.

Kondisi lintasan yang tidak mendukung, ia pun memutuskan tidak mendorong motor sampai ia bisa naik podium. Sempat dipaksakan ketika Dovi melewatinya di lap4 dan dibalas kembali di tikungan lain. saat ke luar tikungan hampir senggolan, beruntung Dovi bisa menghindar sapuan Marquez.

“Saya memulai balapan dengan cukup agresif sejak awal. Tapi saya sadar kalo kedua Ducati lebih cepat dari saya. Akselerasi mereka di hujan sangat kuat,” kenang MM. Kesadaran saya muncul, lanjutnya saat menangkap Zarco bahwa ada beberapa risiko diambilnya. “Tidak lucu jika saya sampai jatuh, berarti poin saya tinggal tujuh atau delapan,” tegasnya.

Faktor lain ia tidak meladeni persaingan sama duo Ducati, menyangkut sama RC213V. Ia saat itu kurang percaya diri, utamanya pada pengereman dan masuk tikungan. “Salah satu kekuatan saya justru ada pada kedua unsur tersebut. Jadi, saya tidak sekuat seperti di balapan lainnya,” ungkap MM yang di valencia nanti cukup finish ke-11. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-sepang-malaysia-27-29-oktober-2017-moto2-moto3/

BAGIKAN