nhk

Pasca MotoGP Silverstone 2019: Rins Menang Tikungan, Pakai Otak Menuju Finish

ManiakMotor – Bicara soal Alex Rins juara di sirkuit Silverstone, Inggris pada Minggu 25 Agustus 2019, memang menarik. Dari sesi latihan kurang nyandak bahkan terlempar pada Q1. Artinya dari kombinasi FP1-FP3 dia di luar 10 besar, pembalap yang tidak langsung ke Q2, karena catatan waktunya kurang kencang.

Lolos dari Q1 di bawah Andrea Dovizioso (Ducati) di Q2 ternyata GSX-RR-nya meningkat pesat. Dia berhasil start dari grid 5. Start pun langsung ke-3 di tikungan pertama. Dan hampir jatuh namun mampu memulihakan keadaan, “Ini lomba agak ‘gila’ bagi saya. Bikin kesalahan beberapa kali. Dan terutama usai start nyaris tabrakan,” papar Rins dengan senyum khas dihiasai rambut gondrongnya.

Tentu saja tindakan di last lap di tikungan terakhir yang paling gila tapi pakai otak yang dikenang dari Rins di Silverstone. Di situlah dia membongkar otaknya agar bisa mencuri kemenangan. Caranya membulatkan tikungan dan menukuknya ulang ke sisi kanan Marquez. Itu dia telah pelajari dari kesalahan dan selama menguntit Marquez.

Dia tahu punya kesempatan. Ya mirip-mirip ilmu Andrea Dovizioso ketika bertarung dengan Marquez. Sikit taktik yang diambil dari Dovi di situ.

Sesuai kelemahan mesin 4 silinder segaris GSX-RR yang lemah di trek lurus, Rins mengaku nggak memperlihatkan kelemahan tersebut sembari mengulur waktu pengereman. Tapi Rins sangat yakin punya kans di tikungan dan akselerasi ketika membelok. Itulah yang digunakan Rins di tikungan terakhir yang menuju finish masih berpacu dengan torsi, bukan top speed.

Kata Rins, justru kelemahannya di sektor terakhir yang bagian dari tikungan terakhir, “Untung saja saya bisa menempel Marc menuju finish. Namun di tikungan saya tahu kelebihan motor. Dan mampu mendekati Marc  sekaligus melewatinya,” tutup Rins yang sudah dua kali menang tahun ini. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris 23 – 25 Agustus 2019 Moto2 Dan Moto3

Pasca Race MotoGP Silverstone 2019: Rossi Kecewa Berat, Panas Meningkat, Disarankan Pakai Swing-Arm Karbon

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353