nhk

Pasca MotoGP Thailand 2019: Diberi Karakter Motor Apa Saja Marquez Pasti Cepat

ManiakMotor – Atlet balap motor ketika di puncak kemampuannya, diberi motor apa saja akan ngacir. Sama dengan Marc Marquez saat ini, teman-temannya yang sama-sama pakai Honda masih terus berjuang, dia malah ‘seenaknya’ menggunakan RC213V versi 2019 dan membuatnya juara MotoGP ke-6 kali. Padahal  menurut para perancang RC213V dari Jepang jauh berubah dari versi sebelumnya dan butuh penyesuaian.

Seperti dijelaskan Direktur Teknis Honda, Takeo Yokoyama di crash.net. Ia menggambarkan, Marquez dari dunia lain, ya iyalah kan punya julukan Baby Alien. “Dia (Marquez) sangat cepat adaptasinya pada perubahan karakter motor. Dari luar sih kelihatannya sangat mudah buat Marc. Tapi nggak seperti itu ceritanya. RC213V ’19 adalah versi baru yang butuh adaptasi teknik mengendara. Padahal test musim dingin tahun ini, Marc baru dari operasi bahu,” papar Yokoyama.

Perubahan karakter mesin yang lebih tinggi top speed-nya tentu akan menghilangkan kenyaman mesin dari putaran bawahnya. Walau pun nggak diceritakan Yokoyama, tapi itu pasti akan terjadi sesuai hukum motor bakar. Makanya Marquez di tikungan sangat cepat membuka throttle demi perubahan ini, to.

Karena memang, memindahkan tenaga dari tengah jadi lebih ke atas, motor akan semakin sulit ditunggangi. Seperti dialami Cal Crutchlow seperti merasa tak puas dengan RC213V yang persis ditunggangi Marquez. Kalau Jorge Lorenzo sulit diperbandingkan karena dia datang memang sudah seperti itu motornya.

“Tak disangka, tes Sepang awal tahun ini, sebenarnya jauh seperti harapan kami. Dia memang sedang menyembuhkan cedera dari musim lalu. Tapi harapannya, Marc sudah berkendara 80%, ternyata kurang dari  50%. Tetapi sangat mengejutkan ketika memulai seri, dia sudah sangat memahami karakter motor,” papar Yokoyama dengan mimik selalu senyum karena diwawancara barusan dapat juara.

Kembali lagi pada pengantar tulisan ini, diberi apa pun dalam kondisi terkini Marquez, ya mau-mau saja. Bahkan diberi yang masih lebih liar, dia masih sanggup memainkannya dengan alami dan segera menyatu. Bahkan, jangan-jangan, itu motor belum sepenuh dikuasai Marquez, tapi dengan begitu saja seng ada lawan. Baby Alien, bro. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Race MotoGP Thailand 2019: Marquez Juara Sekaligus Kampiun Tahun Ini

Race Moto2 Thailand 2019: Luca Marini Juara, Chantra 10 Besar, Dimas Ekky Sebaliknya…!

Jelang Race MotoGP 2019: Dovizioso Tidak Bakal Menyerah Sebelum Tanding

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353