Pasca MotoGP Valencia-1 2020: Juara Joan Mir Dibantu ‘Tangan-Tangan’ Tidak Terlihat..!

ManiakMotor – Apa pun halangannya, bila memang digariskan juara dunia, akan jadi juara dunia. Dihalangi dengan cara curang pun, ia akan ‘dibela’ oleh tangan-tangan yang tidak terlihat.

Itu bukannya menyindir Yamaha yang dihukum FIM karena pakai onderdil ilegal. Juga bukan nyumpahi Marc Marquez yang sudah cidera duluan, sama saja disingkirkan tangan yang tidak terlihat. Juga diantarkan seorang manajer bernama Divide Brivio yang pernah menangani Valentino Rossi. Dan sebagainya sampai cideranya Alex Rins awal serial membuatnya diperhatikan tim, bagian dari kata orang yang alim, dibantu Tuhan…!

Semoga itu berlaku pada Joan Mir. Begitu doa orang tuanya si Mir setelah juara di Valencia pertama pada Ahad 8 November 2020, kian kokoh di klasemen. Doa yang sama juga – sekali lagi dari orang tuanya – ketika ia belum pernah juara seri tapi memimpin klasemen. Masih terus berdoa orang tua Mir karena masih sisa dua seri dengan 50 point. Usai Valencia pertama, Mir unggul 37 point dari Fabio Quartararo dan Alex Rins. Tapi bila minggu ini masih di Valencia kedua selisih di atas 25 poit, Mir juara dunia dong.

“Luar biasa, saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkan momen juara di Valencia. Kemenangan datang pada waktu yang tepat,” kata Mir yang seperti biasa tidak melebih-lebihkan dan tidak mengurangi, karena dirinya tahu diri.

Tapi memang Mir punya keterampilan, makanya diperjuangkan habis-habisan oleh manajernya Paco Sanchez saat juara Rookie Cup, namun orang tua nggak punya dana. Diidukung pula Suzuki sudah kelamaan puasa gelar yang saat ini punya mesin 4 silinder segaris, sangat kuat menikung untuk akselerasi putaran tengah khas mesin segaris.

Namun GSX-RR punya geometri rangka dengan suspensi mampu mengendalikan cengkeraman yang pas, maka awet bannya. Itu terus disempurnakan pimpinan teknis Suzuki, Shinichi Sahara. Di ujunngnya cocok dengan karakter Mir yang disebut-sebut mirip Valentino Rossi muda.

Jangan ditanya saat ini pada Joan Mir keinginannya untuk jadi juara dunia. Itulah mimpi semua pembalap, apa pun kelasnya, apalagi MotoGP. Dan dia salah satu calon yang semakin kuat MotoGP 2020 lantaran menang di sirkuit Valencia pertama ini, dan apa pun halagannya bila digariskan juara dunia, ya itu haknya. Don Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Valencia-2: Posisi Joan Mir Bila Juara Dunia, Tetap Fokus Konstan..!

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Hasil MotoGP Valencia-1, Spanyol 6 – 8 November 2020 Moto2 dan Moto3

Jelang MotoGP Valencia 2020: Rins Dan Mir Jadi Favorit Tiga Balapan Sisa..!

Jelang MotoGP Valencia 2020: Perjalanan Balap Joan Mir, Orang Tua Nggak Punya Uang..!

Pasca MotoGP Aragon-2 2020: Joan Mir Memang Lagi Meniti Juara Dunia..!

BAGIKAN