nhk

Pasca MotoGP Valencia 2017: Rossi Nekad, Pakai Sasis Lawas Finish Ke-5, Temu Insinyur Jepang

Rossi, Valencia, Motogp

ManiakMotor – Langkah tak lazim dilakukan tim pabrikan Yamaha pada M1 besutan Valentino Rossi dan Vinales. Kedua pembalap memakai sasis 2016 saat laga ronde pamungkas di trek Ricardo Tormo, Valencia, kemarin (12/11). Hasilnya, tidak sama, yakni The Doctor finish kelima sedang juniornya urutan ke-12.

Kok, jomplang sekali, ya! Trek di Valencia yang anti-clockwise itu dikenal punya daya cengkeram rendah (low-grip). Keputusan beralih ke sasis lawas bukan jelang lomba, tapi usai kualifikasi. Berarti, kerja keras di latihan bebas sampai sesi pemanasan menjadi sia-sia.

Kerangka yang dipakai sama seperti milik Johann Zarco. Pembalap satelit itu tampil cemerlang dan sempat memimpin mulai lap 25 sampai 30. Hanya, kondisi ban belakang lunak sudah tidak mendukung, posisi itu disikat Pedrosa dengan medium di belakang.

“Malam jelang lomba kami ganti sasis diambil dari tahun 2016. Tujuannya, untuk memahami kesesuainnya,” jelas Rossi. itu dilakukan, lanjut Doctor berkaitan dengan tes dua hari di sini (Valencia) memakai M1 2016. Memang, itu pilihan berisiko, tapi hasilnya tidak jelek.

Baik Rossi maupun Vinales yakin sasis lawas itu telah memberi perasaan lebioh baik. Tapi, Rossi mengingatkan para insinyur Yamaha soal degradasi ban belakang. Rossi mengakui Yamaha kini berada dalam masalah besar, terutama motor sangat sulit dikenalikan dan tidak punya pegangan dengan M1 2017.

Dengan sasis 2016, menurut Rossi masih ada masalah pada degradasi. “Saya melakukan pertemuan dengan Jepang, mereka juga khawatir seperti saya. Sesuatu yang aneh dan tidak dimengerti, saya 20 detik lebih lambat dari tahun lalu dan saat balap 15 detik lebih lamban,” keluh Rossi.

Untuk tahun depan, Rossi janji akan memberi semua dukungannya. Ia menganjurkan sebelum sampai tiba ronde pertama 2018, dirinya harus bekerja di daerah yang berbeda untuk mengurangi celah. Rezki

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-valencia-2017-moto-moto3-10-12-november-2017/

BAGIKAN