nhk

Pasca MotoGP Valencia 2018: Rossi Sesalkan Lomba Dibagi Dua, Waduh..!

ManiakMotor – Sial Valentino Rossi di sirkuit Valencia, Spanyol (18/11). Sudah kejar-kejar juara, tiba-tiba lomba dihentikan. Padahal lawannya antara Andrea Dovizioso (Ducati) dan Alex Rins sudah kepayahan, “Saat dihentikan itu, petaka buat saya, walau panitia tepat menghentikannya dengan banyaknya genangan,” papar Rossi seperti menyesalkan lomba dihentikan, karena lomba lanjutan situasi basahnya hampir sama.

Alasan lain, lawannya terutama Dovizioso punya cadangan ban baru. Sementara kuota ban basah buat dirinya habis digunakan di sesi warm-up. Jadi saat lomba dihentikan, menurut pengakuan The Doctor mereka nggak mengubah apa-apa pada motornya. Bahkan masih memakai ban yang sama sebelum dihentikan.

Beda dengan Dovi yang mengganti ban depan dan belakang dengan baru. Itu sangat membantunya untuk restart 14 lap, “Dovizioso ‘menyembunyikan’ ban cadangan. Saya rasa dia tidak menggunakan ketika warm-up. Tipe bannya juga sangat pas, depan-belakang lembut. Sedang saya sudah kehabisan stok,” papar Rossi yang start dari grid 16, namun bisa bertempur ke depan di part-1.

Akibat itu, Rossi kesulitan mengikuti ritme Dovizioso ketika restart. Awal-awalnya sih masih sanggup dan terus memaksakan di posisi kedua yang hanya bertahan dua lap. Menuju lap 10 roda belakangnya kehilangan grip akibat aquaplaning. Ya jatuh dan bisa melanjutkan lomba akhirnya ke-13 dari 15 peserta yang finish.

Peristiwa ini hampir mirip dengan Malaysia. Sedang mengejar harapan juara atau minimum podium, eh terpeleset. Makin panjang penderitaan Rossi yang menang terakhir di Assen tahun lalu. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia 2018, Moto2 Dan Moto3

Pasca MotoGP Valencia 2018: Podium Pol Espargaro Dan KTM, Sangat Beruntung

Pasca Race MotoGP Valencia 2018: Mental Dovizioso Lebih Siap Main Basah

Race MotoGP Valencia 2018: Start Ulang Dovizioso Juara, Rins Kedua, KTM Podium

BAGIKAN