nhk

Pasca MotoGP Valencia 2019: Macam Mana Nyali Rossi, Katanya Berbahaya Suhu Lintasan

46 Rossi Valencia 2019-M1-ban

ManiakMotor – Ronde terakhir MotoGP di sirkuit Valencia, Spanyol 17 November 2019  berlansung pada suhu yang rada dingin. Saat itu suhu sekitar 15ºC dan lintasan cuma 16ºC.   “Suhu ini sangat berbahaya. Di kelas lain, terutama kecelakaan besar Moto3, jadi bagi saya itu risiko besar. Dua atau tiga tahun terakhir, Valencia musim dingin. Dan dengan kondisi ban pada motor saya, jelas ini mengkhawatirkan,” tutur Valentino Rossi usai balapan di Valencia dia hanya ke-8.

Bukan soal Rossi sudah kendur nyalinya di umur 40 tahun, hehe. Tapi memang berbahaya. Ditambah pula penyakit bawaan M1-nya kumat di Valencia. Berarti sudah kronis bangat tuh penyakitnya.  Yakni, kurangnya grip ban belakang. Ya makin jadi dengan suhu lintasan 16ºC, tadi.

Tapi kenapa M1 Fabio Quartararo bisa melaju sampai podium kedua? “Ya kecuali Quartararo yang bisa ke depan. Selebihnya Yamaha kesulitan. Yang aneh, saat FP4 dengan motor dan ban yang sama saya lebih cepat. Suhu juga nggak jauh beda. Tapi pas balapan, saya kesulitan mengatur power motor untuk dapat grip konsisten,” tambah Rossi dengan serius dan berharap semua penyakit ban ini akan hilang pada M1 2020 yang Selasa 19 Novemver akan dites di Valencia juga.

Selain grip ban ini, Rossi juga menekankan pada top speed M1 yang saat ini sangat timpang dua lawan berat mereka, yakni Ducati dan Honda. Katanya, kalau top speed  masalah bersama. Maksudnya semua M1 di lintasan sangat payah lanjunya untuk kecepatan tertinggi. Sekadar mengandalkan tikungan, lawan juga mantap di area tersebut.

“Para insinyur racing Yamaha sudah tahu banyak soal mesin pada top speed ini. Tetapi terlepas dari top speed masalah bersama, saya punya persoalan  pribadi dengan grip belakang. Jika keduanya ini berhasil diatasi dengan mesin 2020, alangkah baiknya,” tutur Rossi yang dari omongannya masih bersemangat untuk balapan 2020 yang artinya nyalinya masih sama? Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Valencia 2019, Moto2 Dan Moto3

MotoGP: Zarco Itu Pembalap Pengecut, Mendingan Alex Marquez Gantikan Lorenzo 2020

Race MotoGP Valencia 2019: Tetap Marquez, M1 Pabrik Dikalahkan Satelit, Lorenzo Sumbang Point Tim

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353