nhk

Pasca Qatar Jelang MotoGP Argentina 2017: Rear Wheel Steering, Set-Up Dalam Race..!

MotoGP Qatar 2017-2

ManiakMotor – Rear wheel steering. Itu teknik yang menonjol di race MotoGP di sirkuit Losail, Qatar pada 26 Maret 2017 lalu. Dorongan roda belakang yang memang berputar lebih banyak dari roda depan. Disebut teknik slide, satu guru dengan rear wheel steering (RWS). Selanjutnya teknik itu disebut WRS, agar nggak panjang kalimatnya.

Perhatikan racing line mereka usai menikung, ada bekas kompon ban belakang tuh di aspal. Itu tanda roda lagi spin namun terukur untuk menggeser roda belakang membantu arah menikung. Gas sudah dibuka di depan tikungan, bukan lagi keluar tikungan. Isyarat juga set-up yang berhasil dibangun. “Set-up motor sudah kami temukan pada Jumat dan bikin yakin akan masuk lima besar,” kata Valentino Rossi yang tidak secara khusus mengulas RWS.

Teknik slide di MotoGP sudah lama ada. Apalagi Casey Stoner yang dianggap pakarnya. Tapi Stoner hanya melakukan di sudut-sudut tertentu. Kemarin di Qatar, terutama yang di depan lantaran disorot kamera terus, setiap menikung melakukan gaya tersebut dengan taktis. Di sana ada Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan sebelumnya ada Marc Marquez.

Bukan slide lagi, tapi sudah jadi RWS tadi. Macam main tanah yang kebetulan belakangan disukai para pelaku MotoGP, terutama arena dirt track, supermoto juga ada. Apalagi Rossi, Vinales dan Marquez, ketiganya dikenal doyan main tanah di saat senggang. Jadinya teknik tersebut terbawa sampai ke aspal.

Juga terbuka sudah sibuknya penyetelan motor selama tes pra musim. Salah satu fokus pengaturan pada  rangka, suspensi, elektronik dan tipe ban, agar bisa seperti itu. Bisa dibayangkan untuk seorang Jorge Lorenzo yang sangat jarang, atau tidak sama sekali melakukan teknik tersebut. Silakan lihat posisi Lorenzo kemarin. Petanda dia akan lama berkutat menyetel Ducati sesuai gayanya. “Jujur saja saya belum bisa mengikuti gaya Dovizioso membawa Ducati,” kata Lorenzo pada teman setimnya yang ikut memainkan gaya RWS walau tidak seekstrem Vinales, Rossi dan Marquez.

Ditambah pula elektronik sekarang yang katanya lebih lemah pada control traksi yang hubungan dengan teknik WRS. Praktis teknik itu banyak dibantu pergelangan tangan memainkan putaran mesin. Tentu juga dengan body work motor bersama pembalapnya. Nah ada satu lagi yang menonjol, nanti tulisan tersendiri. Miolo

BAGIKAN