nhk

Pasca Race MotoGP Austria 2019: Marquez Tahu Dikerjain Oleh Dovizioso, Balas..!

ManiakMotor – Secara profesional Marc Marquez antara mengakui taktik Andrea Dovizioso  dan ‘merasa dikerjain’. Walau bagi Marquez itu bagian dari permainan taktik di saat kecepatan motor dan pembalap seimbang.

Begitu gambaran Marquez soal duelnya dengan Dovizioso di sirkuit Red Bull Ring, Austria pada race ronde 11 MotoGP. Balapan ini berlangsung Minggu 11 Agustus 2019, “Enam atau tujuh lap terakhir Dovizioso bermain dengan saya. Dia sering menutup gas beberapa kali saat melaju kencang di trek lurus. Saya tahu caranya itu untuk menganggu ritme saya,” papar Marquez dengan sportif pula bukan merasa dikerjain.

Kata Marquez trik  yang dilakukan Dovizioso itu juga bagian dari ciri permainannya. Marquez mengakui, Dovi bisa melakukan itu karena Ducati di Austria ini unggul pada pegangan. Maka akselerasi Dovizioso lebih baik.

Omongan Marquez ini diperkuat para komentator MotoGP di televisi sebelum Marquez dan Dovi bikin pernyataan resmi. Kata komentator tersebut, Marquez dikalahkan oleh tekniknya sendiri yang digunakan Dovizioso sampai last lap terutama dua tikungan terakhir.

Pengamatannya, keduanya punya kecepatan sama. Di sektor yang banyak tikungan atau sektor 3 Marquez yang unggul. Yang tikungan-tikungannya 90° seperti di sektor pertama Dovizioso yang menang. Di sektor 4 dan satu keduanya seimbang. Soal top speed ternyata keduanya juga podo. Paling tinggi keduanya mampu mencapai 316.7 km/jam. Tapi memang dalam kecepatan puncak Dovizioso satu-satunya yang mampu di bawah 1;24, yakni 1’23.827. Marquez sendiri 1’24.014.

Marquez akhirnya juga mengakui kehilangan momentum di tikungan terakhir, lantaran nggak menyangka Dovizioso masuk dari dalam dengan power yang dijaga dengan rpm terus menyala. “Sebenarnya saya akan mengimbanginya namun ragu dengan pengereman. Karena pelindung rem saya tersentuh oleh Dovi. Untung saya nggak jatuh,” pasrah Marquez yang kedua sudah cukup untuk menjaga point klasemennya.

Dovizioso sendiri dalam wawancara usai balapan, trik terakhir di tikungan terakhir dia lakukan sikit gila, “Eh ternyata berhasil. Karena  menuju dua tikungan terakhir itu saya sudah rencanakan,” senyum Dovi sembari bilang walau dia unggul pada fastest lap akan sulit kabur, karena Marquez mamanfaatkan anginnya. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Austria 9 – 11 Agustus 2019 Moto2 Dan Moto3

Race MotoGP Austria 2019: Pertarungan Ulangan Dovizioso Dan Marquez

Warm Up MotoGP Austria 2019: Kedua Rossi, Tercepat Muridnya