nhk

Pasca Race MotoGP Silverstone 2019: Rossi Kecewa Berat, Panas Meningkat, Disarankan Pakai Swing-Arm Karbon

ManiakMotor – Latihan sampai kualifikasi tampil apik di Silversrtone, Inggris. Tentu saja Valentino Rossi berharap juara minimum podium. Karena start dari grid 2 atau front row dalam 9 seri berlalu sangat susah ditempatinya. Tapi saat lomba Minggu 25 Agustus 2019, doski malah di luar podium yang bikin wajah Valentino Rossi tampak sangat kecewa, berat bangat kecewanya.

“Balapan sulit. Awal merasa sangat kuat, tapi akhirnya angat menderita. Bukan hanya saya, tetapi sesama pemakai M1. Suhu aspal sangat meningkat saat lomba. Sesuatu yang memang kami takutkan yang jadi kelemahan Yamaha selama ini,” papar Rossi dengan nada yang sangat prihatin.

Rossi lantas membandingkan suhu ketika sesi latihan sampai kualifikasi. Pada sesi sebelum lomba, lintasan tak pernah lebih dari 40ºC dan suhu sekitar juga selalu mentok 28ºC. Tapi ketika lomba Minggu, tiba-tiba lintasan jadi panas atau 44ºC dan suhu sekitar 31ºC. Terlalu panas buat M1 walau dengan ban hard. Pokoknya suhu segitu menjadi musuh Rossi deh.

“Pada saat suhu naik saya mulai khawatir terutama ketika akan start. Ternyata memang kejadian. Ban belakang sulit dapat cengkeraman. Tenaga motor tidak bisa dikeluarkan seluruhnya. Di awal lomba saja saya sudah kesulitan bergabung dengan tiga besar. Di pertengahan lomba mulai melambat, karena ban  hancur,” tambah Rossi yang

Rossi disarankan menggunakan lengan ayun karbon. Karena faktanya merek lain yang pakai bahan ini lebih awet pada ban dan cukup mantap keluar tikungannya. Paling utama lagi nggak bermasalah dengan ban walau suhu berubah-ubah. Ya seperti Ducati, Honda dan Suzuki. Pokoknya tinggal Yamaha yang belum pakai karbon.

“Sebenarnya itu pertanyaan yang sangat bagus. Sudah berkali-kali ditanyakan pada Yamaha. Saya kira mereka juga berpikir untuk material lengan ayun karbon. Cuma formulanya belum ketemu saja. Saya harap, lengan ayun ini segera ditampilkan untuk M1,” papar Rossi yang setuju dengan pertanyaan tersebut.

Pendeknya, Rossi kembali mengubur harapannya setelah punya peluang dari sesi latiihan sampai kualifikasi. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris 23 – 25 Agustus 2019 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Race MotoGP Silverstone 2019: Suzuki Rins Diam-Diam Juara, Marquez Ke-2, Yamaha Anti Klimaks

BAGIKAN