nhk

Pasca Race MotoGP Valencia 2018: Mental Dovizioso Lebih Siap Main Basah

ManiakMotor – Andrea Dovizioso ketika sesi latihan bebas yang semuanya basah terseok-seok di sirkuit Valencia, Spanyol. Doski merasa Ducati yang dulu-dulu lebih baik dari sekarang kalau main hujan. Tapi dia berjanji akan menyetel ulang GP18 agar mampu main basah.

Dan kenyataannya ketika lomba di Valencia pada Minggu (18/11) memang basah bangat. Bahkan balapan dibagi dua babak, “Ini bukan semata motor. Tapi mental dari pembalapnya untuk main hujan. Kekuatan mental sangat dibutuhkan dalam konsisten kecepatan wet race,” kata Dovi dengan senyum keberhasilan.

Di part 1 balapan sebelum dihentikan, para pesaingnya sudah berguguran mentalnya menanggulangi aquaplaning. Sebut saja Marc Marquez (Honda), Maverick Vinales (Yamaha), Danilo Petrucci dan Jack Miller (Pramac Ducati). Dua pembalap Pramac ini malah diprediksi jadi jagoan hujan karena di sesi latihan hujan sangat dominan, tapi rontok.

“Sebenarnya saya tidak lebih cepat dibandingkan sesi latihan bebas, hanya lawan saya jadi lebih lambat. Mereka tidak secepat ketika latihan pada kondisi sama. Balapan dan latihan memang selalu berbeda,” papar Dovizioso seperti menyindir lawan-lawannya yang pecicilan kencang ketika sesi latihan yang juga basah.

Part 2 saat restart atau start ulang menyediakan 14 lap sisa, Dovi makin tenang. Awalnya mendapat tekanan dari Alex Rins dan Valentino Rossi, dia tetap berusaha konsisten. Rossi jatuh dan mental Rins kendur, Dovizioso tetap bertahan dengan kecepatan sama, maka dia juara dengan mental mempertahankan putaran roda jangan sampai terpeleset. MM

BAGIKAN