nhk

Pasca Tes MotoGP Australia 2017: Cerita Jonas Folger Yang Ke-4, Rookie Jerman

94 Jonas Folger 2017

ManiakMotor – Bukan kebetulan mencetak 1:29.042 yang membuatnya lama duduk di posisi ketiga. Baru sore di hari ketiga tes Philip Island, Australia pada Jumat 17 Februari, bisa dilewati Dani Pedrosa dari Honda Repsol. Itu pun masih bertahan di posisi ke-4 hari ketiga dan akumulasi tiga hari.

Jempolah buat Jonas Folger. Dia rookie MotoGP dari Jerman yang naik M1. Tapi, M1-nya milik tim satelit Yamaha Tech 3. “Terkejut juga sih dengan kecepatan segitu. Tapi kalau dilihat, itu wajar. Banyak kecepatan konstan serupa yang bisa dilakukan,” jelas Folger yang baru tahun ini dari Moto2 loncat ke MotoGP. Namanya juga rookie.

Berarti bukan kebetulan cepat. Kalau disebut kebetulan, hanya sekali bikin catatan disebut tadi. Saat datanya diperiksa, ada 18 kali Folger bikin catatan 1:29. Bahkan dalam 11 lap berturut, separuhnya berlari di sekitar catatan tercepatnya. Luar biasa dong.

Menurut Folger dia gagal melakukan simulasi lantaran hanya 11 lap yang berhasil dilakukan. Dia terhambat penggunaan ban. Itu diyukuri karena dari 11 lap dia lima kali melakukan 1:29. “Kalau disuruh balap sekarang, saya siap. Motor mendukung dengan semua setingan. Menggunakan ban bekas pun, gripnya konstan,” sebut Folger dengan senyum manis lantaran hari ketiga sosoknya menjadi pembicaraan di paddock.

Sekadar diketahui, ketika tes di Sepang, justru teman setimnya Johann Zarco yang melejit. Zarco juga debutan dan dua kali juara Moto2. Folger sendiri tahun lalu di Moto2 hanya finish ke-7 di klasemen. Mungkin dia abis mimpi enak. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Philip Island, Australia, 15 – 16 – 17 Februari 2017

BAGIKAN