nhk

Pasca Tes MotoGP Australia 2017, Riset M1 Rossi ‘Gagal’ Disetel Di Philip Island?

46 rossi tes australia 2017-b

ManiakMotor – Bicara blak-balakan soal motor dan kemampuan diri sendiri. Kalau salah, ya bilang salah, senang ya senang, benar ya benar. Itulah Valentino Rossi yang cerita hari ketiga tes Australia mengaku buruk. Stagnan pengembangan yang ditemukan di Sepang dan dilanjutkan ke Australia. Lihat saja posisi dari akumulasi tiga hari hanya ke-12.

Hari ketiga ada di posisi 11. Itu setelah sehari sebelumnya mengakui, arah tes dengan susunan set-up yang keliru. Hari terakhir diupdate lagi, namun seperti itu hasilnya. “Keadaan ini mengesalkan. Saya kurang senang dengan hasil tes Philip Island, jauh berbeda dengan Sepang,” sebut Rossi dengan wajah kesal juga.

Rossi sudah mencoba berbagai jurus setingan, namun kurang berhasil. Sama dengan hari kedua merombak setelan M1, namun diklaim keliru. “Hari ketiga juga podo, kami coba setalan lain, sayang kurang banter,” tambah Rossi yang bilang mesin sudah lebih baik, sasis 2017 juga oke. Yaaa.., hanya nggak ketemu setelannya, “Terutama dengan ban depan.”

Bisa dibayangkan dalam 52 lap, dia hanya tiga kali dapat 1:29, salah satunya 1:29.470 dan membuatnya ke-11. Bandingkan dengan Marc Marquez dengan RCV Big Bang atau Maverick Vinales yang sama-sama pakai M1. Keduanya, mencetak 1:29 puluhan kali. Bahkan saat simulasi balapan Vinales dan Marquez rata-rata bermain 1:29.

Rossi sendiri sudah tak berpikir melakukan simulasi. Lha wong motornya harus dipaksakan untuk berlari kisaran 1:29. Makanya dari jumlah lap, Rossi juga kurang di hari ketiga. Itu diukur dengan yang lain sampai 90 lap. Bahkan Vinales menyelesaikan 101 lap. Entalah Rossi sudah menganggap tak penting dengan situasinya. “Masih ada cara langkah lain yang dilakukan dan itu akan dicoba,” pungkas Rossi yang juga tahu testing resmi tinggal sekali di Qatar pertengahan Maret nanti. Kritis dong?

Ada cerita yang sulit dipatahkan oleh siapa pun manusia di bumi, bahwa umur tidak bohong. Bisa saja di usia yang ke-38 dan kebetulan ultahnya sat tes Philip Island, 16 Februari lalu, Rossi lagi kurang mood. Tapi The Doctor gitu loh, beda saat sudah balapan yang masih sanggup menyesuaikan dengan kecepatan musuh tat kala bertarung di lomba benaran. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Philip Island, Australia, 15 – 16 – 17 Februari 2017

BAGIKAN