nhk

Pasca tes MotoGP Jerez 2017: Marquez Yang Bingung Bisa Senyum, Awas Yamaha!

Marquez, Motogp, tes jerez

ManiakMotor – Marc Marquez sempat bingung, kok dirinya bisa cepat. Sementara ia kurang sreg sama RC213V. Trus, selama tes pra-musim aacap komplain kalo ia tidak mengerti hubungan sama gas. Nah, usai tes di Jerez, “Baby Alien” sudah bisa tersenyum. Bahaya, buat Yamaha.

Dalam kondisi bingung aja, Marquez masih bisa menang di COTA sampai dirinya dinobatkan sebagai “King of Texas”. Sukses itu berlanjut di Jerez, meski finish kedua tapi Honda podium 1-2.

Tes satu hari di Andalucia (8/5),  MM dibekali knalpot baru. Ini sudah pernah dilakukan pada pra-musim, namun tidak maksimal. Dilaporkan, exhaust baru mampu melenyapkan rasa bingung dan hubungan dengan gas pada RC213V 17. Walau dalam tes itu MM lebih banyak menguntit di belakang rekannya, Pedrosa. Ia hanya kalah cepat 0.002 detik sama Vinales sebagai yang tercepat.

Selain knalpot baru, Honda juga dipasangi ban depan dengan konstruksi lebih kaku yang memang masuk dalam daftar dikerjakan. Ia menghabiskan 96 lap dan merasakan ada tambahan torsi dan perasaannya pun membaik.

“Ketika saya mencobanya, itu benar-benar keluar untuk gaya balap saya. Tim menyesuaikan segalanya dan mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa,” puji MM. Dibandingkan yang sebelumnya, lanjut MM, dengan knalpot baru akselerasi sedikit membantu dan lebih halus. Ia juga sangat suka dengan ban depan yang kaku.

Langkah positif Honda ini tentu ancaman buat Yamaha. Tahun lalu, pada paruh pertama musim lomba (sekitar 8 seri awal), Honda berkutat dengan penyempurnaan. hasilnya, pada paruh kedua RC213V tidak biosa dibendung dan MM juara dunia.

Nah, tahun ini, baru jalan empat seri, Honda sudah bisa mengatasi kendala yang dikeluhkan pembalapnya. Jika Yamaha juga tidak bisa cepat atasi keluhan pembalap, kasihan Vinales dan Rossi. Rezki

BAGIKAN