nhk

Pasca & Tes MotoGP Jerez 2018: Tanpa Insiden Rossi Ke-8, Nuntut Yamaha Tanggap

ManiakMotor – Dari semua sesi di GP Jerez dan puncaknya saat race, Velentino Rossi nggak bergerak dari posisi 8 atau 9. Petanda M1-nya kurang nendang di Jerez. Memang hasil akhir dia ke-5, tapi dapat muntahan insiden Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso pada lomba ronde 4 MotoGP (6/5-2018) tersebut.

Rossi menuntut Yamaha segera memperbaiki keadaan, terutama elektroniknya. Di sini menurut Rossi kelemahan utamanya, “Yamaha harus segara bekerja agar kembali kompetitif, terutama kotak hitamnya (elektronik). Memang dibanding tahun lalu, ada peningkatan. Tapi itu nggak menolong untuk bisa ke depan di Jerez,” sebut Rossi yang mengakui tanpa insiden dia memang ke-8.

Boleh saja peningkatan yang disebut Rossi di Jerez walau sedikit itu dipengaruhi aspal baru. Sejatinya, ada perkembangan dengan suhu yang meningkat mirip-mirip dengan tahun lalu yang 40ºC lebih saat lomba kemarin. Ban jadi nggak ada cengkeraman pada aspal. Karena licin, juga diakui Rossi doski nggak bisa kencang di tikungan.

Hari ini atau Senin 7 Mei ada test resmi Jerez. Dikabarkan, Yamaha justru membawa banyak suku cadang baru yang lebih banyak urusan mekanis. Ya macam swing arm, sokbreker, sasis atau velg. “Persoalan di motor sekarang 75 persen urusan elektronik,” tambah Rossi.

Tunggu saja hasil tesnya sebentar lagi. Tapi yang paling utama, jangan sampai Kang Rossi berubah jadi cengeng, hehe. MM