nhk

Pasca Tes MotoGP Qatar 2018: Zarco Tercepat, Juara Di Ronde Pertama? Berat Satelit..!

ManiakMotor – Dua testing pramusim 2016 dan 2017, biasanya yang tercepat di Qatar juga akan juara di ronde pertama di tempat sama. Itu sudah dilakukan Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales. Jagoan test di Losail, melenggang ke podium pertama juga di sana. Modal set-up dasarnya sudah siap duluan ketika lomba.

Untuk 2018 ini Johann Zarco yang tercepat di test resmi Qatar yang diadakan 1-3 Maret 2018. Dia pun mengklaim M1 milik satelit Tec3 dikebutnya nurut menggunakan ban baru dan bekas. “Tim telah menemukan bagian set-up yang hilang selama ini. Ketika itu dapat  dan menggunakan ban baru, motor bisa diajak cepat,” beber Zarco yang mencetak 1:54.029 dan meninggalkan M1 Valentino Rossi 0.247 detik.

Zarco sih nggak bilang set-up yang mana yang hilang. Apakah baut footstep hilang dan ketemu, hehe. Atau setelan rebound dan kompresi sokbreker ada yang iseng mutar-mutar  tak sengaja? Nggak tahu juga apa yang hilang tersebut, “Menggunakan ban bekas juga cukup menarik kecepatannya,” tambah Zarco mengalihkan pembicaraan.

Kenapa ban bekas ini selalu disebut dan jadi referensi? Begini bro, ban baru dipasang saat lomba setelah separuh balapan, akhirnya juga jadi bekas. Di situlah sebenarnya setelan motor ditentukan, pada ‘ban bekas’ tersebut. Apakah masih enak setelah kompon tergerus? Kalau pakai kompon baru, apalagi versi lembut mah pasti enak. Contoh versi lembut itu yang dipasang saat mencari time yang jarang dipakai di lomba.

Akan tetapi perjuangan Zarco ini butuh kerja yang sangat, sangat, sangat keras. Dalam 10 tahun terakhir di Qatar belum ada motor satelit yang juara. Apalagi saingan Zarco di testing Qatar juga M1 pabrikan terutama dari Rossi yang kedua. Milik pabrik dikenal  konsisten saat lomba karena keunggulan perkakas motor mereka yang lebih segar. Miolo

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Qatar, 1 – 3 Maret 2018

Tes MotoGP Qatar 2018: Hari Ke-3 Ditutup, Zarco Tercepat, Rossi Bangkit Kedua

Tes MotoGP Qatar 2018: Hari Ke-3 Jam Ke-5, Zarco Tercepat, Syahrin Kalahkan Rossi, M1-nya Diangkut

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353