nhk

Pasca Tes MotoGP Sepang 2018: Jawaban Rossi Hari Terakhir, Menjanjikan Dari 2017

ManiakMotor – Hari kedua Yamaha mendominasi sesi testing di sirkuit Sepang, Malaysia. Tapi hari terakhir 30 Januari 2018 masih di tempat sama, harusnya pukul-pukulan pada waktu cepat, khususnya di bawah pukul 12.00 siang di Sepang, justru M1 tercecer. Valentino Rossi baru bisa mencetak di bawah 2 menit sorenya dan Mavercik Vinales tak sanggup membuatnya ke-18.

Hasil kombinasi tiga hari testing Rossi ke-9 dan Vinales ke-7. Itu berdasarkan hasil hari kedua yang keduanya 1-2. “Hari ketiga kerja sangat keras. Semua gagasan dicoba, tapi tetap kurang pegangan ban pada aspal. Maka sulit mencari waktu tercepat. Toh khusus saya, dibandingkan tahun lalu, sekarang lebih baik terutama penggunaan ban bekas,” jelas  pembalap dari Tavullia, Italia itu.

Disebut ban bekas itu, andai balapan sudah berjalan dan ban baru jadi bekas. Rossi meyakini motor yang menggunakasn sasis evolusi 2016 itu lebih bersahabat pada ban dan aspal. Boleh juga dilihat catatan rata-rata lebih konsisten dari testing 2017. Catatan tercepat juga dua kali Rossi melampui perolehan tahun lalu.

Hari ketiga walau mengejar time di sore hari yang berbeda nuasanya dengan pagi, dia bisa 1:59.449 yang membuatnya ke-8. Tapi keseluruhan jadi ke-9 dengan catatan 1:59.390. Sedang tahun lalu time tercepatnya 1:59.589. Tahun lalu juga baru hari ketiga Rossi di bawah 2 menit. Tahun ini dia berulang-ulang dapat di bawah 2 menit.

Grip memang menjadi tanda tanya juga. Rossi sendiri masih cerita soal masih munculnya masalah tersebut. Atau jangan-jangan sengaja hari kedua bikin kagetan, hari ketiga menyetel yang lain? Kelihatannya saat yang lain kejar waktu di bawah pukul 12.00 di Sepang hari ketiga, dua pembalap Yamaha rada santai, nggak terlihat terburu-buru mencari time. Mereka sibuk testing yang sebanarnya melacak masalah dan dikembangkan? MM

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Sepang, Malaysia 28 – 30 Januari 2018

BAGIKAN