nhk

Pasca Tes MotoGP Valencia 2017: Awal Yang Keren Buat Iannone Bersama Suzuki

Andrea Iannone pakai Suzuki SGX-RR

ManiakMotor – Dua kali terjengkang pada dua hari tes dengan Suzuki pada dua hari test pertama MotoGP 2017 di Valencia, Spanyol (15-16/11-2016) seriusnya Andrea Iannone. Jatuh itu katanya mengukur limit Suzuki GSX-RR, sampai di mana saat diajak bermanuver paling sulit? Makanya mengawali debutnya di tim pabrikan Suzuki terbilang keren, masuk 4 besar tercepat.

Ia menutup sesi tes dengan catatan waktu 1:30,599. Bandingkan dengan catatan waktu Maverick Vinales dalam kualifikasi GP Valencia bersama Suzuki yang 1:30,276 saat seri akhir MotoGP lalu. Atau catatan Iannone sendiri dengan Ducati di kualifikasi itu yang  1’30.420. Padahal Ducati sudah lama dibelanya.

Iannone punya sinyal positif untuk persaingan musim depan. Ia punya feeling performa GSX-RR  banyak celah dikembangkan. “Saya berdiskusi dan memberi banyak masukan kepada para insinyur Jepang. Senang sekali karena mereka teliti mendengarkan masukan. Bangga didengar dengan seksama masukan saya,” ucap AI yang pernah mengeluh karena pendapat yang menurutnya penting seolah tak digubris di Ducati.

Secara keseluruhan The Maniac yang tipis dengan maniakmotor.com itu, merasa riding style-nya cocok dengan Suzuki.  “Motor enak sekali saat berada di dalam tikungan. Powernya pas, hanya  butuh setelan agar dorongan berakselerasi lebih kyar. Ada beberapa poin yang harus ditingkatkan, tapi kami masih punya waktu cukup membenahinya,” imbuh AI yang akhir bulan ini akan tes tersendiri bersama Suzuki di Jerez.

Disinggung kelemahan Suzuki di zona pengereman, AI melihatnya bukan menjadi persoalan serius karena sangat terbuka dikembangkan. “Saya tak bisa katakan Suzuki jelek di sektor itu. Untuk saat ini saya hanya perlu memahami persoalannya, mungkin dengan cara bawa motornya yang harus beda.”

Yang membuat Iannone juga keren tak lain adalah kemampuannya bersaing dengan Andrea Dovizioso yang membesut Ducati GP17. Dovi tercepat 3 Besar bersama Vinales dan Marc Marquez, tapi selisih waktu AI dengan Dovi hanya terpaut 0,156 detik. Artinya, perpindahan AI dari Ducati ke Suzuki tidaklah membuatnya seolah anak terbuang karena faktanya tetap kompetitif. Andro

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Valencia 2017, Spanyol 15 – 16 November 2016