nhk

Pasca Tes MotoGP Valencia 2017: Podo M1, Vinales ’Buang’ Nama Rossi, Stoner-Lorenzo Terkesima

Aksi Vinales usai mencetak waktu tercepay bikin yang di paddok tekesima

 

ManiakMotor – Bersanding dalam satu kubu dan kalah umur plus pengalaman, tak membuat Maverick Vinales gelagapan mengaspal bareng Valentino Rossi. Meski hanya dalam tes, doski sudah beri bukti bukan hanya mengancam rekan setimnya tahun depan, tapi juga potensi berebut gelar dalam debutnya.

Stoner dan Lorenzo terkesima usai Vinales mencetak di bawah 1:30
Stoner dan Lorenzo terkesima usai Vinales mencetak di bawah 1:30

MV satu-satunya joki yang bermain di bawah  1 menit 30 detik dalam dua hari tes resmi di Sirkuit Valencia. Catatan 1:29.975 dirainya pada jam ke-5 tes atau test masih tersia 1 jam 49 menit pada hari kedua pada Rabu 16 November 2016. Saat itu, termasuk Jorge Lorenzo dan Casey Stoner memperhatikan dari layar kaca. Keduanya sembari kagum dengan wajah gimana gitu seperti dua foto screenshot saat keduanya mengamati Vinales mencetak waktu tercepat. Terkesima sembari di dalam hati punya pendapat dewek-dewek.

Adaptasi dan transisi MV mulus dengan M1. “Amazing! Luar biasa melihat progresnya yang begitu cepat. Beberapa kilometer pakai M1, analisa dan masukannya  akurat,” ucap Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha. MV sendiri tak punya komentar seperti halnya di hari pertama sesuai i perjanjian kontrak tak boleh sebut merek di test ini buat yang sebelumnya di merek lain. Di saat sama bila mencatat ulang cara pikir MV, bisa jadi faktor Rossi di sampingnya menjadi pendorong pada kesempatan awal ini.

Sama pentingnya dengan talenta, skill, nyali, dan spirit yang telah dibuktikannya bersama Suzuki. Pasti Suzuki sendiri terkaget-kaget dengan prestasi 2016. “Rossi harus mewaspadai Vinales tahun depan. Rossi jadi targetnya. Bisa kalahkan Rossi di atas M1, maka Vinales yakin boleh mengatasi yang lain,” tegas Davide Brivio yang sangat mengenal pribadi keduanya. Dia  belasan tahun mendampingi Rossi sebagai manajer, teman, dan rekan bisnis. Dua tahun terakhir, Brivio manajer tim Suzuki yang punya andil melambungkan Vinales. Brivio menambahkan, nama besar Rossi tidak jadi beban MV, sebaliknya jadi target dikalahkan.

MV sendiri pernah mengatakan hal sama. “Saya menghormati Valentino. Semua ingin mengalahkannya, termasuk saya,” tegas juara GPInggris  2016 itu. Mengalahkan The Doctor, lanjut Vinales, hal pertama yang harus ia lakukan adalah ‘membuang’ nama besar Rossi dalam benaknya dan menempatkannya sebagai target. “Saya tak mau terprovokasi oleh nama besarnya. Menjadi rekan setim, saya punya kesempatan belajar darinya dan dari pelajaran itu akan coba mengalahkannya.”

Dua hari tes di Valencia walau sementara, MV sudah berada di atas Rossi. Tapi, seperti ditegaskan Merigalle, hari pertama, kiprah MV saat tes Valencia tak bisa dibandingkan dengan Rossi. Rossi dalam tes ini lebih  terpusat pada pengembangan engine dan sasis M1 2017 ketimbang memburu lap time. Andro

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Valencia 2017, Spanyol 15 – 16 November 2016