nhk

Pasca Test Sepang 2019: Ducati GP19 Petrucci Bikin Rekor, Malah Puji Motor Lain

ManiakMotor – Catatan 1 menit 58.239 derik di tes MotoGP Sepang dari Ducati GP19 Danilo Petrucci, disyukuri pembalapnya. Tapi dia juga masih meragukan bisa podium dengan kecepatan tersebut. “Senang dengan rekor test tersebut. Tapi catatan ini nggak ada pointnya. Bahkan saya tidak dapat hadiah jam tangan,” papar Petrucci di crash usai hari ketiga test di Sepang, Malaysia 8 Februari 2019.

Sebab, Petrucci mendapatkan time tersebut saat lintasan Sepang suhunya belum meningkat, ketika sesi test pagi baru dibuka hari ketiga. Tepatnya di lap 10 dari 31 lap yang ia lakukan. Saat siang bahkan sampai sore, Petrucci mengaku masih kesulitan, “Kondisi terpanas masih titik lemah kami. Padahal, lomba di Sepang diadakan siang saat cuaca sedang terik,” papar Petrucci merendah.

Untungnya katanya, lomba di Sepang baru akan berlangsung November. Jadi masih ada waktu untuk bebenah. Petrucci malah memuji Yamaha M1. Kata dia, saat kondisi panas, motor itu yang paling laju dan konsisten, “Terutama yang digunakan Vinales,” tambah Petrucci yang hanya dikontrak setahun oleh Ducati tersebut.

Kalau dilihat di data analis Petrucci hanya dua kali memang berlari di bawah 2 menit. Dan keduanya itu mencetak rekor. Dibandingkan dengan M1 Vinales yang mampu berlari 16 kali di bawah 2 menit. Itu juga dilakukan Vinales pada cuaca campuran. Maksudnya di pagi hari dia cetak best lap untuk dirinya. Sisanya dilakukan dari siang sampai sore dengan tipe ban yang berbeda-beda.

Jadi menurut Petrucci, rekornya sekadar rekor testing dan jangan dipandang sebagai setelan lomba. “Kalau mau tanya selama tiga hari test ini, M1 Vinales yang paling cepat. Dia konsisten, tentu selain Marc Marquez yang lagi cidera,” seloroh Petrucci yang terjatuh test sore saat menggunakan fairing barunya.

Petrucci juga berterima kasih pada rekan setimnya, Andrea Dovizioso. Katanya dari Dovi dia dapat ilmu untuk bertarung ketika lomba. Ada trik-trik khusus buat Ducati bila ingin konsisten. Contoh, membuka gas kalau lebih dulu, saat pengereman juga lebih dulu. “Bicara memang mudah. Tapi ketika lomba kadang hal-hal begitu jadi lupa, kapan harus membuka gas yang tepat dan mengerem,” papar Petrucci yang sempat mengikuti Dovi memerhatikan cara tersebut. MM

BACA JUGA

Pasca Test Sepang 2019: Vinales 17 Kali Di Bawah 2 Menit, Rossi 2 Tahun Tersesat..!

Hasil Test MotoGP 2019 Sepang 6 – 8 Februari 2019 Dari Jam Ke Jam

Test MotoGP Sepang 2019: H3 Jam Pertama, Rekor 1:58 Dari Dua Ducati GP19 Plus M1

Test MotoGP Sepang 2019: Hari Ketiga Ditutup, Rekor Ducati GP19 Petrucci Jadi Cerita