nhk

Pasca ThaiGP 2018: M1 Rossi Nyata Maju Atau Dibantu Sirkuit? Pulang Italia Dulu

ManiakMotor – Valentino Rossi senang dengan motornya di sirkuit Chang Buriram, Thailand saat race (7/10). Walau masih kalah kuat saat ‘dipaksa’ selaju RC213V Marquez dan GP18 Dovizioso menuju podium di ujung-ujung lap yang krusial. Tapi jauh lebih mendingan dari empat seri berlalu.

Yang jadi harapan The Doctor, M1-nya di Thailand boleh di barisan depan bukan kerena layout sirkuit dan aspalnya, “Semoga bukan karena pengaruh sirkuit. Tapi memang berkembang dengan perubahan modifikasi kecil yang kami lakukan. Asli sangat enak, walau saya nggak cukup kuat ke podium,” sebut Rossi yang pulang ke Italia dulu usai balapan di Thailand.

Katanya dia belum siap lima minggu terus berada di Asia. Karena menganggap sudah mulai berumur. Dia butuh istirahat cukup dengan tempat tidur nyaman, dapur, nonton televisi dan berlatih. Baru akan datang mendekati balapan di Jepang dan siap pada ronde-ronde berikutnya di Asia yang berdekatan.

Kembali ke motor. Kalau memang betul ada peningkatan bukan karena sirkuit, akan lebih mudah mengembangkan M1 ke ronde-ronde berikutnya. Juga menjadi dasar untuk rancang bangun M1 2019. Kalau dibantu sirkuit, berarti M1 yang tampil di Thailand kemarin nggak real. Kemungkinan merosot lagi di Jepang, walau sirkuit tersebut kesukaan Rossi dan lumayan penampilannya di sana.

Lantas, Rossi menganalisa lomba di Thailand. Bagi doski, lomba di negara Asean itu sungguh rapat. Itu bagus untuk tontonan MotoGP. Banyak pembalap yang berada di barisan depan dengan kecepatan seimbang, “Pada akhirnya motor yang terkuat yang akan menang. Yamaha menuju ke situ, kalau memang benar bukan dibantu sirkuit, namun ada perkembangan,” yakin Rossi. MM

BAGIKAN