nhk

Pasca WorldSSP300 Ceko 2018: Galang Hendra Podium Juara, Mengorbankan Top Speed

Galang asapi jauh lawannya

ManiakMotor – YZF-R3 Galang Hendra kalah dalam top-speed dari Ninja 400 dan RC390R. Data race, top speed atau kecepatan puncak YZF-R3 Galang 181,8 km/jam, Ninja 400 adalah 198,2 km/jam yang diukir Loureiro (DS Junior Team) dan RC390 mentok 194,9 km/jam oleh Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP  Team).

Jika Galang yang lulusan VR46 Academy ini menyamakan top speednya dengan musuh terdekat, dia pasti keberatan. Sebab top speed tertinggi itu hanya didapat di trek lurus Brno, Ceko, selebihnya tak terpakai ketika race WorldSSP300 pada 10 Juni 2018 yang Galang juaranya. Galang finish dengan gap 4 detik lebih saat finish.

Karena Galang tak membela top speed, motornya lebih enteng menjangkau tikungan berikutnya yang memang khas Brno. Lha wong trek lurusnya saja cuma 600 meter. Beda dengan lawannya yang akselerasinya   sikit lebih lambat. Masuk tikungan dari trek lurus pun, mereka akan melakukan pengereman dulan, ketimbang Galang yang dapat setelan top speed 181 tadi.

Galang. Juara bro…

Itu berhubungan dengan karakter motor dan keterampilan Galang yang asal Yogyakarta binaan YAMAHA Indonesia tersebut. Pembalap Indonesia yang pertama kali mengumandangkan Indonesia Raya di kejuaraan dunia balap motor itu (nih videonya),  punya kecerdasan pada setingan.

Maksudnya, bukan saja skill ngebut. Tapi sekalian menyetel motor atas laporannya ke mekanik Biblion Moto X Racing yang dibelanya. Maka didapat top speed 181 km/jam tadi paling enak buat Galang. Enak dalam hal kelincahan mesin untuk membantunya menikung, enak pula dari top speed untuk masuk tikungan.

Di beberapa sektor yang mengandalkan tikungan, Galang sangat cepat dengan racing line yang rapi dan disiplin. Maka Galang saat finish unggul 4,739 detik saat lomba dihentikan masih tersisa 3 lap lagi akibat ada kecelakaan. “Alhamdulillah, semoga saya akan melakukan yang terbaik lagi dan fokus untuk balap selanjutnya di Misano,” ujar Galang.

Kemenangan ini menjadi kombinasi Galang mengibarkan bendera tim YAMAHA Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing dan perfoma YAMAHA YZF-R3. Motor ini model global yang diproduksi di Indonesia. Terbaik secara keseluruhan dan terbaik di antara semua pembalap YZF-R3 dan juga diantara rider program bLU cRU Challenge.

“Hasil yang luar biasa. Pada akhirnya kinerja Galang Hendra terbukti dari peraturan yang adil di WorldSSP300. Ini adalah penghargaan untuk YZF-R3 yang dibuat di Indonesia. YAMAHA Indonesia Motor Manufacturing mendapat kehormatan dengan prestasi Galang. Untuk semua fans Indonesia, teruslah dukung Galang dan YAMAHA. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada sponsor yang mendukung Galang dan aktifitas kami,” tukas Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. YAMAHA Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Rilis Yamaha Indonesia

BACA JUGA

Bos FIM Kagum Pada Galang Juara WSSP300 Brno 2018, Ucapannya Lewat Bambang Gunardi

Race WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Juara, Indonesia Raya Berkumandang Di Ceko

Jelang Race WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Manfaatkan Regulasi Power to Weight Ratio

Superpole 2 (SP2) WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Pole Position

WorldSSP300 Ceko: Aturan Bobot Diterapkan, Galang Hendra Jagoan FP1 & FP2

FP1 WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Tercepat, Ya Pertama..!

WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Berpeluang Dari Layout Sirkuit

Jelang WorldSSP300 Ceko: Galang Hendra Nggak Kenal Sirkuit, Tapi Punya Kans

Jelang WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Pratama Harusnya Papan Atas

BAGIKAN