nhk

Pasca WSSP 300 Misano 2018: Leon Candra Datang Memapping Mesin R3 Imanuel Pratna, Melejit..!

Leon dan Imanuel bersama mekanik Terra E Moto

ManiakMotor – Kedatangan Leon Chandra (Racetech) kemarin di ronde 6 World Super Sport 300 (WSSP300) di Misano, Italia pada 6 – 8 Juli 2018 lalu, ada maksudnya. Bukannya mengajari mekanik tim Terra E Moto dari Italia yang dibela Imanuel Pratna, tapi memperkuat. Tim tersebut juga didukung Yamaha Eropa. Kalau Imanuel sih biaya pribadi ke sana.

Tapi setelah diutak-atik Ko Leon lewat elektronik, penampilan Pratna lebih baik. Dia dapat finish ke-11 saat lomba dengan Yamaha YZF-R3-nya. Padahal start dari grid ke-27 akibat dipenalti saat QTT, “Saya hanya ada waktu tiga hari membenahi motor si El (panggilan Imanuel). Kelamaan ngurus visa dari Indonesia,” sebut Leon yang memuji profesional Terra E Moto seperti pada video ini.

Leon dan Imanuel di paddock Terra E Moto saat di Misano

Leon yang ngetop di Indonesia itu sebagai ahli elektronik dan belakangan ikut mengorek mesin, dipersilakan oleh tim Terra datang ‘membantu’ menset-up R3 Imanuel. Sebab pria yang pernah sekolah elektronik dan telemetri di Oztrali itu, tahu betul karakter Imanuel bersama motornya. Saat Imanuel di ARRC, Leon yang menangani.

Sedang tim yang ditumpangi Imanuel ikut full series WSSP300 2018, setiap ke sirkuit hanya ada dua mekanik. Petugas mappingnya nggak pernah muncul setiap kali lomba. Jadi pakai mapping basic saja dalam lima seri berlalu sebelum Leon datang. Saat itu, untuk masuk 20 besar saja, Imanuel kesulitan saat lomba.

Leon juga menceritakan, saat di Misano R3 Imanuel kurang diukur pakai dial gauge (busur derajat). Jadi walau di mapping seperti apa pun, nggak akan kena. Sebab nggak punya data durasi kem, LSA dan timing yang sangat akurat.

“Jadi ketepatan buka-tutup kem susah dipatok. Makanya usai lomba di Misano saya stay seminggu di sana. R3 Imanuel dibenahin semuanya. Semoga di seri berikutnya si El bisa 5 besar, ya 10 besar juga nggak papa,” tambah Leon dari markasnya di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Gitu loh. Maaf ya, bukan sengaja ngajari meknik Italia, hehe. Raider

BAGIKAN