Paska MRS Seri 1 2024: Leon Chandra Main Noken Kurus, Kejar RPM 14.500 di Kelas UB150! Enggak Limit Sebelum Dioper

Maniakmotor.com – Kalau ngomong balap pastilah motornya kencang, buat balap gitu lho. Sisanya ke tinggal atur karakter penyaluran tenaga besar tadi bagaimana. Kalau punggawa Racetech, Leon Chandra doi langsung main noken as.

Noken as Mx King itu diutak-atik Leon untuk dapat Peak power maksimal sebelum limitter 14.500RPM Mandalika Racing Series (MRS) 2024 bro. Menurutnya, itu yang jadi titik awal berubahnya berbagai part lain di mesin.

Menurut Leon, perduniawian noken ini amat penting. Apalagi tujuannya membesarkan torsi motor, sehingga tenaga enggak kepentok putaran mesin.

“Kita pengennya Peak power udah dapet 1.000 rpm sebelum limit. Itu kalau di sirkuir besar ya. Kayak di Mandalika untuk MRS kemarin,” ucap Leon Chandra, ditemui di Markas Racetech, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Nah Peak power udah dapet, lalu persis sebelum titik limit Rider udah ngoper. Misalnya ya di angka 14.200-14.300an. Kalau kayak gitu otomatis tenaga enggak habis-habis. Jalan terus dah tuh,” lanjutnya.

Salah satunya cara biar karakter mesin seperti itu balik ke noken as. Makanya untuk Leon, noken as ini bisa dibilang kuncinya bro.

“Itu saya ya. Saya fokus ke titik itu karena sangat signifikan. Untuk durasi bisa dibilang lebih kecil. Tapi enggak juga sih, paling beda beberapa derajat aja,” tutur Leon.

“Bedanya agak besar di profil. Itu kita buat lebih kurus-kurus dibandingkan sebelumnya. Sehingga tutup bika klep jiga lebih cepat,” tutur Leon.

“Kenapa saya main di situ enggak porting atau velocity. Karena kalau sudah berpatokan dari situ gak akan bisa. Itu kan cuma final touch aja. Memang akan berpengaruh juga gas Speed dan karakter engine, tapi ya pasti ujung-ujungnya harus ke noken as juga,” pungkas Leon.

Kalau kita intip, profil kem baru dari Leon bisa membuka lift pada titik 9,3-9,5mm. Nanti juga bakal ada video bagaimana Ko Leon mencari Flow terbaiknya. Jadi tungguin aja ya ges ya.

Gass, RAIDER