nhk

Pelan di MotoGP, Ducati Malah Kencang di Pasar

 

ManiakMotor – Kegagalan total Valentino Rossi dan Nicky Hayden di atas Ducati pada musim 2012 ternyata tak mengganggu pasar komersial tim pabrikan itu. Penjualannya malah naik Bro!

Dibandingkan 2011, penjualan Ducati tumbuh sebesar 16% sepanjang 2012. Total unit yang terjual 44.102. Itulah laporan tahunan CEO Ducati Motor Holding Gabriel Del Torchio yang dirilis bulan ini.

“Yang mengejutkan adalah pertumbuhan pasar di Amerika Serikat, naik 21% dari tahun sebelumnya. Itu tren positif seperti halnya di Timur Tengah,” katanya.

Del Torchio yang sempat membujuk Rossi agar bertahan di Ducati yakin pada 2013 ini pertumbuhan pasar Ducati bisa lebih baik lagi dibandingkan 2012. Model-model produk yang diandalkan adalah Multistrada, Hypermotard, Hyperstrada, dan 1199 Panigale R.

Meski perusahaan itu sudah diakuisisi Audi Group Jerman, Ducati mempertahankan karakternya sebagai motor made in Italy.  Sama seperti selama ini, bicara motor Italia, ya Ducati itu yang paling banyak diketahui orang.

Kata Del Torchio, pertumbuhan pasar Ducati cukup signifikan dalam 30 bulan terakhir. Itu kurun waktu dimana Rossi gabung dengan Ducati. Jadi bisa diartikan memble-nya Rossi pada masa itu sama sekali tak membuat pamor kuda besi Italiano itu pudar. Atau, jangan-jangan pertumbuhan pasar itu justru didongkrak oleh berkibarnya Ducati di ajang WSBK. Di ajang balap motor gede ini, Ducati sudah mengoleksi 17 gelar juara konstruktor dengan 14 gelar juara dunia pembalap superbikenya. Bandingkan dengan keikutsertaan di MotoGP sejal 2003 yag hanya menghasilkan satu gelar pada 2007 lewat Casey Stoner.

Jangan-jangan itu pula yang bikin Ducati tak sejor-joran Honda dan Yamaha di MotoGP. Tak ada revolusi teknis di Desmosedici meski selalu gagal pasca ditinggal Stoner.  Sampai-sampai tes di Austin lalu pun mereka tak berminat ikut turun gelanggang. Dipikir-pikir buat apa jor-joran, toh laku produknya tetap kencang. Jangan-jangan ya memang begitu. Andro

Berita Terkait

Kawasaki–Bajaj, Kerjasama Bikin Motor 200 cc

Honda Stateline ABS (VT1300CRA), Harley Jepang 2013

Kawasaki Ninja 300 Versi Amerika, Pakai Slipper Clutch, Apa Itu???

BAGIKAN