nhk

Pembalap Yamaha Indonesia, Latihan Menuju Suzuka 4 Hours Dan Moto2

ManiakMotor – Yamaha Indonesia Racing (YIR) mengirim empat pembalap dan enam mekanik ke Jepang. Mereka ikut training step pertama untuk menghadapi Suzuka 4 Hours Endurance Race di Jepang. Pelatihan berlangsung 2 – 9 April 2014 di dua tempat, Suzuka dan Osaka.

Pembalap yang terdaftar ke sana dibagi dua, YIR A ada nama Immanuel Pratna dan Rey Ratukore. Sedang YIR B ditempati Sigit PD dan Sudarmono. Setiap tim dikawal tiga teknisi. Mereka akan berkolaborasi dengan dua tim Jepang sebagai instruktur, RC Kosien untuk YIR  A dan Ito Racing buat YIR B dengan alat atau motor YZF-R6.

Teori dan praktek yang profesional akan dijejali pada otak-otak Indonesi. Itu di luar sirkuit dan di dalam sirkuit. Sesi praktek pembalap ada empat tingkat, tingkat pertama 12 lap dalam training step 1. 

Sengaja sirkuit Suzuka yang dipilih lantara butuh skill alias sirkuit teknikal. Otak pembalap dituntut cerdik  mendapatkan waktu singkat dan konsisten pada 21 tikungan Suzuka. Harus tepat dalam menutup gas, titik pengereaman dan waktu membuka gas. 

Kata Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia, untuk menjadi pembalap profesional harus siap mental dan fisik. “Training kali ini berhubungan dengan itu, agar sukses di balap resminya. Di Suzuka 4 Hours pun menjadi evaluasi terhadap YRA (Yamaha Riding Academy) Gold Lokal & International yang telah dilakukan 2013 (di Sentul Indonesia 2 kali dan Sugo Jepang sekali),” jelas Supriyanto sembari bilang agenda ini bagian untuk rencana Moto2 2018.

Sedang mekanik dibekali kurikulum Standar Operasional Procedure (SOP). Di antaranya  setting suspensi yang tepat dengan karkater pembalap dan sirkuit, pergantian ban dan sproket. Di dalamnya untuk manajemen waktu yang tepat untuk set-up motor agar siap digunakan. 

Ya, tapi sebelum ke sana, mereka akan diuji dulu di lomba lokl, terutama di IndoSpeed Race Series di Sentul yang mulainya Mei mendatang.  MM

BACA JUGA

IRS Sentul-ARRC 2014 Supersport 600 cc; Kata Ibnu Sambodo, Jangan Mimpi Ke MotoGP?

IRS 2014 Supersports 600 Ramai; Yamaha Empat Tim, Belum Yang Lain-Lain

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353