nhk

Penentuan Forcada Jadi Kepala Mekanik Rossi Di MotoGP Sachsenring 2018, Gantikan Garbusera?

ManiakMotor – Sebenarnya dalam rilis yang diterbitkan Yamaha Movistar MotoGP, tekad Valentino Rossi bisa menang di sirkuit Sachsenring, Jerman. Sirkuit ini menjadi lintasan untuk ronde 9 MotoGP 2018. Acaranya mulai 13 – 15 Juli 2018.

Rossi meyakini masih ada peluang untuk bisa balapan cemerlang pada Minggu (15/7). Dia melihat potensi Yamaha M1 dari balapan di Assen. “Saat ini kami mantap menuju Jerman. Saya yakin akan lebih baik dari tahun lalu. Untuk ini harus kerja keras sejak sesi latihan untuk membangun setelan motor,” sebut Rossi yang tahun lalu hanya ke-5 di Sachsenring.

Sampeyan penggemar MotoGP pasti tahulah seperti apa Sachsenring buat karakter Yamaha. Sudah nyaris 9 tahun sirkuit ini tanpa dijuarai M1. Buat Rossi, pada 2009 terakhir dia juara di sini. Agak berat memang, kecuali tekad Rossi untuk menutupi jangan sampai lebih buruk dari sejarah.

Dua tahun belakangan Yamaha sudah paceklik juara 19 seri bila gagal di Jerman. Itu melampui tandusnya juara Yamaha pada 2002-2003 yang 18 kali tanpa juara sebelum Rossi datang 2004.

Mungkin ada hubungannya, merebak juga sosok Ramon Forcada. Beliau dirumorkan di GP Jerman ini akan mengikat kerja dengan kru Rossi untuk 2019-2020. Artinya mengganti posisi Silvano Galbusera yang saat ini menjadi kepala mekanik Rossi.

Forcada sendiri adalah mantan kepala kru Jorge Lorenzo. Sempat diajak Lorenzo ke Ducati, tapi menolak dengan halus. Forcada lantas bersama Maverick Vinales. Tapi belakangan ‘kurang akur’ dan  Vinales untuk 2019-2020 memilih kepala kru sendiri. MM

BAGIKAN