nhk

Pengendara Motor Jangan Sampai Kekurangan Oksigen

ManiakMotor – Banyak faktor penyebab  kecelakaan saat berkendara motor. Bisa dipicu oleh karakter pengendara, ya ugal-ugalan, ngebut, tidak mematuhi rambu lalu lintas atau ngantuk. Masih ada lagi dan ini kurang disadari umumnya oleh pengendaranya, akibat kekurangan oksigen.

Ya, tidak ada tanda-tanda signifikan terasa di badan akan kekurangan oksigen. Apalagi saat berkendara di tengah kemacetan yang parah. Badan basah akibat sengatan matahari yang terik, belum lagi polusi dari asap knalpot. Itulah unsur-unsur pemicu kekurangan oksigen.

Padahal, oksigen merupakan kebutuhan penting bagi otak. “Sebenarnya, otak memiliki toleransi untuk menahan kekurangan oksigen dari 4 menit hingga 7 menit. Selebihnya tidak akan tercover oeh otak. Kalau dibiarkan berlarut-larut dapat merusak sel otak secara permanen,” urai Dr. Andrew yang praktik di RSU Hermina yang hobi bersepeda.

Efek paling terasa dari kekurangan oksigen, badan cepat lelah, sehingga daya tahan konsentrasi pada otak menurun. Padahal, otak manusia butuh oksigen 20 sampai 25%.

Kurang bagusnya asupan makanan saat sebelum berkendara, jadi pemicu kekurangan oksigen pada raadius 70 km – 80 km. Paling baik, hindari makanan berkabohidrat tinggi dan minuman manis berlebihan. Bila sampai kekurangan oksigen, segera menepi, lepas helm dan masker. Bila perlu konsumsi minuman mengandung ion yang banyak dijual di apotek. MM

 

BACA JUGA 

Moto2 2016 : FIM Umumkan Penyebab Kematian Luis Salom, Tim Tuding Kondisi Trek 

Setiap Calon Ketua Umum PP IMI Serahkan Dana Rp 100 Juta, Pemenang Tambah Lagi Rp 500 Juta 

Tips Motor Lalulintas; Jangan Mau Ditilang Bila Telat Bayar Pajak! 

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Tour Kemayoran; Karakter Safety Riding, Kecelakaan Lalulintas Bukan Takdir

BAGIKAN