nhk

Penjelajah Jeffrey Polnaja Sampai Di Rusia

 

ManiakMotor – Pengeliling dunia dengan BMW R1150GS Adventure bernomor polisi B 5010 JP, Jeffrey Polnaja telah menyelesaikan misi  Ride for Peace di tujuh negara pertama. Rusia adalah negara persinggahannya yang selanjutnya bertolak ke Siberia. Walau hanya negara, tapi ini katanya negara liar.

Padahal tanah semua di sana. Mungkin penduduknya dan alamnya yang dingin dimaksud liar kali. Sorry bro, becanda.

JJ mengawali perjalanan 25 Juni 2012 dari Perancis, lalu menuju Belgia, Belanda, Jerman, Polandia, Belarus, dan masuk ke Rusia baru lalu atau akhir Juli 2012. Jarak perjalanan itu 7.200 km. “Semestinya bisa lebih cepat ke Rusia, tapi birokrasi dalam pengurusan dokumen  perjalanan di setiap negara punya aturan beda,” kata JJ.

Jeffrey berharap total jarak 10.685 km yang akan ditempuhnya dari Moskow hingga Vladivostok  dilalui tanpa hambatan. Apabila sehari JJ menempuh 500 km dan setiap hari riding, jarak itu bisa dilibas 21 hari.  Untuk mempermudah perjalanannya, JJ akan membagi pertahapan jarak tersebut.

Bila terlalu lama tertahan, musim gugur segera tiba, hujan akan dominan dan udara dingin. Namun Jeffrey telah menyiapkan diri agar mampu melewatinya. Selain memeriksa kondisi motor dan siap dengan suku cadang seperti ban dan jerigen untuk bahan bakar darurat. “Kehilangan motor di Belanda jelas mengganggu perjalanan, tapi tetap ada hikmah di balik itu. Kini banyak orang di Eropa jadi tahu Ride for Peace,” ungkap JJ yang  sempat jadi wakil Indonesia pada acara 2012 FIM Rally di Bidgoszcz, Polandia.

Petualangan JJ kali ini merupakan keliling dunia seorang diri yang kedua. Sebelumnya, pada 2006 hingga 2008, doski telah menaklukkan 72 negara  Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.  Rencananya, Jeffrey akan berkelana sejauh 220.000 km melintasi beberapa negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Australia. Tak kurang dari 30 negara akan disinggahi dan kembali ke Jakarta pada 2014.

BERITA TERKAIT:

JJ Kembali Jelajahi Dunia Dengan Motor

BMW R1150GS Milik Jeffrey Polnaja, Dicuri Maling Di Belanda

JJ Airbrush, Ekspor Ke Malaysia


BAGIKAN