Performa Lebih Optimal dengan Mesin Baru Yamaha LEXi LX 155

Maniakmotor.com – Yamaha LEXi LX 155 series telah mengalami perubahan signifikan, terutama pada sektor dapur pacunya. Sebelumnya mengusung mesin 125cc, kini LEXi LX 155 hadir dengan mesin Blue Core berkapasitas 155cc, membawa performa berkendara ke level yang lebih tinggi.

Mesin Blue Core 155cc ini telah mengalami berbagai peningkatan yang membuatnya lebih kuat dan efisien. Dalam acara MAXi Flash Trip di Bandung pada bulan Februari lalu, media diajak untuk melihat langsung perubahan pada mesin generasi terbaru ini. Menurut Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Ferry Nurul Fajar, perubahan mencakup desain camshaft, piston, head, jalur oli, dan beberapa bagian lainnya. Efeknya adalah peningkatan efisiensi mekanis yang mengurangi gesekan dan vibrasi, serta meningkatkan akselerasi dan performa secara keseluruhan.

Salah satu perubahan yang mencolok adalah pada body cylinder dan forged piston. Peningkatan kubikasi mesin membuat ukuran diameter menjadi lebih besar, dengan dinding cylinder yang dibuat lebih halus untuk mengurangi gesekan dan kehilangan minyak. Selain itu, head cylinder juga menghasilkan kompresi rasio yang lebih besar, meningkat menjadi 11,6 dari sebelumnya 11,2.

Tidak hanya itu, crankshaft dan rotor assy-nya juga mengalami perubahan. Ukuran crankshaft yang lebih pendek dan dimensi rotor assy yang lebih ringan memberikan efisiensi pada motor, memperbaiki akselerasi secara keseluruhan. Bahkan, bagian camshaft juga mendapat pembaruan dengan membuat pin dowel dan camshaft menjadi satu kesatuan, meningkatkan kekakuan dan mengurangi gesekan.

Namun, perubahan yang paling signifikan terletak pada tensioner mesin. Perubahan ini menandai komitmen Yamaha dalam meningkatkan performa dan keandalan mesin mereka.

Dengan semua perubahan ini, Yamaha LEXi LX 155 telah membuktikan dirinya sebagai motor yang lebih bertenaga dan efisien, memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan bagi para penggunanya. Mesin baru ini tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga menjanjikan ketangguhan dan keandalan yang lebih baik dalam jangka panjang.