nhk

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Oper Gigi Lewat Tombol, Mekanis Quick Shifter Di KTM 250SX

 

 

ManiakMotor – Jika Jorge Lorenzo masih merengek minta girboks SSG, di drag bike sudah ada bro. Mekanismenya tetap quick shifter (QS), ah beda ternyata dengan SSG.  Tugas QS adalah mempercepat dan memaksa perpindahan gigi harus terjadi. Pakai QS yang namanya miss bisa dieleminir. Tetapi yang ini QS yang tidak perlu diungkit kaki. Teknologi tersebut dipasang pada  KTM 250SX milik Anker Sport Hariot KeySpeed IRC Lupromax AHRS GM.

Coba di seri pertama Pertamina Enduro Drag Bike (PEDB) di Senayan, Jakarta, 24 Maret 2013.  “Alat ini menggantikan tugas kaki kiri mengoper gigi. Karena di drag, tugasnya hanya menambah gigi, maka cukup dari tombol elektronik sebagai penggeraknya,” kata Jaka, salah satu kru tim tersebut. “Bawa langsung dari Amerika, yang jual toko spare parts khusus motor drag NHRA,” ujar Hariot alias H. Rio Teguh, selaku pemilik tim.

Metode yang dipakai adalah tabung hidrolik bertekanan tinggi merek Pingel. Cara kerjanya tetap butuh bantuan kaki untuk memasukkan gigi awal. Gigi  selanjutnya cukup memijit tombol yang ada di setang sebelah kiri. Pintar memang, sudah sistem kenop, itu kata orang daerah 30 tahun lalu. Dan sekarang sudah terbukti dengan hanya pinjat tombol perpindah gigi terjadi. Bukan sekadar terjadi, tetapi dibantu QS tadi yang sifat utamanya tanpa memberi jeda saat perpindahan gigi, percepatannya sambung menyambung. Rpm hanya drop sesaat.

Mekanismenya, penekan tuas persneling ditonjok, aduh sakit. Kan ditonjok! Maksudnya, ditonjok hidrolik. Tentu saja hidrolik bisa bergerak bila ada tabung nitrogen. Tabungnya ini berada di bawah jok yang bertekanan 160 psi, cukup kuat untuk memaksa gigi per gigi akan masuk. Kemampuannya pasti bisa mencapai jarak 201 meter. Jika disebut dari NHRA, jarak 402 meter pun akan finihs, apalagi hanya 201 meter. Setiap kali pijat tombol, ya prosesnya sekali, dong.

Dengan tombol ini nilai kesalahan akan dikurangi. Terus nilai kecepatannya berbeda dengan kaki.  Dengan girboks special engine yang sudah close, artinya tanpa memijat kopling pun gigi bisa masuk. “Kita lihat saja saat lomba,” tukas Adi S Tuyul yang akan membawa motor ini di kelas free for all (FFA).

Semoga bisa melampui waktu Eko Chodox dengan 6.971 di trek Senayan ini. Sedang di FFA juga atas nama Chodox dengan KTM250 SX adalah 6.941 detik.  Adit



BERITA TERKAIT:

Hasil Drag Bike Senayan, 23 – 24 Maret 2013

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Honda LS Tercepat Hari Pertama, 7.365 Detik..!

Pertamina Enduro Drag Bike Senayan 2013, Tiga Kelas Paling Diminati, Hayo Apa…?

Drag Bike Pertamina Senayan 2013, Matik 200 cc Masih 7.7 Detik, Rekor 7.6 Detik

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Engine On, Penyisihan Bebek 200 Cc Sudah 7.6 Detik

Jelang Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Jumat Sudah 500 Starter


 

 

BAGIKAN