nhk

Pertamina Drag Bike Tasikmalaya 2013, Free For All Wajib Wearpack, Kelas Lain ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ManiakMotor – Untuk keselamatan pembalap Pertamina Enduro Drag Bike (PEDB) 2013 mulai memberlakukan wajib wearpack. Terutama buat peserta free for all (FFA) atau kelas paling tinggi di drag bike nasional. Sementara racing suit tersebut di kelas lainnya belum diwajibkan. “Aturan pelan-pelan akan di benahi, salah satunya mengenai baju balap benaran. Ke depan semua kelas akan diwajibkan,” kata Anas Riswanto yang bertindak sebagai pimpinan lomba seri kedua PEDB di  Tasikmalaya, Jawa Barat, 6 – 7 April 2013.

FFA melombakan motor yang memang tinggi kecepatannya. Sehingga risiko lebih fatal dibanding kelas lain. “Belum tentu seperti itu, tidak ada risiko yang kecil di dunia balap, semua besar. Menurut saya harusnya semua kelas memakai racing suit demi keamanan,” tukas Achonk Samsonet dan Ary Samsonet dari tim MC Racing TDC, Jakarta yang memakai warepack di setiap kelas yang diikutinya.

Itu sangat benar. Selain elok dipandang, juga keamanan. Beda dengan beberapa pembalap malah dengan cuek bebek menggunakan jersey alias pakaian dalam. Ya paling-paling ditutupi  kaos oblong atau kemeja tim, kalaupun jaket, dipakainya jaket yang berbahan parasut.

Katanya lebih enak seperti ini, gerakannya lebih bebas. Ya memang, namanya yang enak-enak pasti risokonya besar. Makan yang berlemak, pasti enak kan. Makan yang manis-manis, juga nikmat. Na, sebulan kemduan sampeyan stroke dan sakit gula. “Jika pakai warepack jadi kaku dan lebih berat bobotnya,” kata salah satu pembalap yang tidak mau disebut namanya lantaran malu tidak sadar akan safety.

Eko Chodox mementahkan alasan gerakan kaku dan lebih enteng bobotnya jika tidak mengenakan baju balap. “Salah itu, mungkin pembalap tersebut tidak terbiasa, justru dengan menggunakan warepack saya lebih percaya diri,” kata Chodox yang terbukti baju balapnya yang jika ditimbang beratnya tak lebih dari 4 kg dan membuat KTM 250SX dari tim PME Abirawa DMC GM memecahkan rekor Indonesia.

Baju balap benaran telah diciptakan memakai protektor alias pelindung di beberapa bagian tubuh. Misalnya seperti bahu, lutut dan punggung yang melindungi tulang punggung sebagai penyangga tubuh manusia. Bayangkan jika sampeyan terjatuh dengan punggung menimpa aspal duluan tanpa manggunakan pelindung. “Bisa nggak balap lu besok,” tutup Acong Samsonet yang setiap balap, baju balap sangat kinclong.

Iya ya.  Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Drag Bike Tasik, Jabar, 6 – 7 April 2013

Hasil GM Drag Bike, BSD, Tangerang, 6 – 7 April 2013

Pertamina Drag Bike Tasikmalaya 2013, Aspal Halus, Chodox Ragu Bikin Rekor

GM Drag Bike BSD 2013, Peserta 400 Lebih, Kenalpot Kolong Yang Ramai

Jelang Pertamina Drag Bike Tasikmalaya 2013, KTM250SX Chodox Target 6,6 Detik, Ckckckck..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353