nhk

Pertarungan 4 Pemegang Jurdun Dari 3 Negara

hayden ikut MotoGP Aragon 2016ang
ÿþ

 

ManiakMotor – Tahun lalu ada 4 rider pemegang juara dunia MotoGP main di starting grid MotoGP. Tahun ini tinggal tiga. Tapi,  keempatnya akan tampil lagi di edisi GP Aragon pada 25 September.

Itu terjadi karena juara dunia 2006 Nicky Hayden bakal ngaspal dan geber-geber knalpot di Aragon. Anak Amrik itu bersanding dengan tiga pemegang gelar lainnya, Valentino Rossi (Italia), Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang sama-sama Spanyol.

Hayden yang out dari MotoGP akhir tahun lalu dan berkiprah di WSBK memang diplot jadi rider pengganti Jack Miller (Australia/Marc VDS Racing). Miller diganti karena masih dirundung cedera sejak jatuh di GP Austria. “Rencananya memang demikian, tinggal menunggu beberapa hal yang harus dibicarakan. Tak sabar rasanya kembali ke MotoGP,” ujar mantan joki Repsol Honda itu.

Biarpun pemegang gelar jurdun, jelas sekali pertarungan The Kentucky Kid itu tak akan seimbang melawan VR, JL, dan MM. Ia hanya dibekali RC213V tapi jelas spesifikasinya tak sama dengan RCV milik MM. Itu sebab Hayden bilang, “Akan reuni dan senang-senang saja tanpa target khusus.”

Namun, ada sisi lain yang menarik dari masuknya Hayden sebagai rider pengganti yang disinyalir melibatkan Dorna sang promotor. Sekali tepuk, Dorna dapat dua manfaat. Pertama, dengan masuknya Hayden maka popularitas MotoGP bisa terjaga di Amrik karena musim ini tak ada rider berbendera AS di MotoGP, Moto2 maupun Moto3. Terlebih lagi Si Hayden ini bagaimana pun punya banyak fans di negerinya.

Tujuan kedua adalah lebih mendekatkan WSBK (yang juga promotornya Dorna) dengan MotoGP. Ini kali ketiga di musim 2016 MotoGP dimasuki anak-anak WSBK. Sebelumnya ada Alex Lowes (pengganti Bradley Smith) dan di Misano lalu ada Javier Fores yang gantikan Loris Baz. Begitu masbro, ada udang di balik batu tuh! Andro

 

BAGIKAN