nhk

Pilih-Pilih Kenalpot Racing Harian, Perhatikan Desain Dan Diameter Leher-nya!

knalpot-proliner-2t-1ab

 

ManiakMotorKenalpot racing harian  4tak, bukan sekadar  lubang saluran gas buang yang bikin suara besar menggelegar, katanya sangar. Tetapi belum tentu tenaganya gahar? Yang disebut sangar itu, aaaum macam harimau. Maksudnya bila suara enak, tenaga bertambah, dan harga terjangkau, itu pengertian sangar. Berarti tampil wah sesuai lifestyle yang disebut street racing. Supaya jangan jadi korban gaya, perhatikan segi performa. Portal ini hanya membatasi soal mengamati desain dan ukuran leher kenalpot racing harian yang pas buat brosist.

Dari leher ini penentu naiknya tenaga. Perut ke silincer tunggu tulisan lanjutannya.  Intinya, jangan tergoda penampilan. Makanya, banyak street racing maniac kecele. Beli kenalpot racing malah motornya jadi pelan atau tidak berubah, hanya suaranya yang jago bacot. Tetangga malah melihatnya miring, karena berisik…nah lu mati gaya kan.

Leher Knalpot
Perhatikan diameternya dan tekukannya

Itu karena diameter header atau leher tidak sesuai dengan alur lubang buangnya. “Bisa saja kebesaran, sehingga turbulensi gas buang ngempos. Bisa pula kekecilan yang bikin panas mesin,” kata Muh. Arief Sigit Wibowo alias Pele dari Pelss Racing yang saban hari bengkelnya menerima pemasangan kenalpot racing harian. Tentu saja konsumen di seputaran bengkelnya di Klaten, Jawa tengah.   Pele sarankan sebagai patokan boleh pakai leher kenalpot standar.  

Birowo Seno alias JBX menambahkan yang sering dia alami. Untuk itu, dianjurkan pada konsumen bengkelnya untuk menyesuaikan dengan dimater klep buang. “Misal Suzuki Smash punya ukuran klep ex 22 mm, maka leher yang pas adalah  23 mm. Tetapi umumnya kenalpot yang sudah punya nama telah menyesuaikan. Mereka kan juga riset. Makanya beli yang sudah punya merek saja,” sebut JBX yang terkenal dengan FU Kontreversi di drag bike, namun sehari-harinya membuka bengkel umum. Pelanggannya pasti yang doyan gonta-ganti kenalpot racing.

Rio Tan dari PT Enwan Multi Partindo yang memproduksi knalpot Nobi, Proliner dan R9 santai menjawabnya. Katanya pabriknya sudah punya mesin khusus untuk mencetak leher knalpot. “Pipa di mana pun dibuat dari pabriknya nggak ada yang model kerucut. Padahal, kerucut bertingkat ini penting untuk leher knalpot 4T. Kan kontruksi yang benar dari kecil membesar secara bertahap sampai perut. Nah, pabrik kami sudah punya mesin khusus untuk memaksa pipa jadi kerucut tanpa harus banyak sambungan,” sebut Rio yang bermarkas di Citra Raya, Cikupa, Tangerang, Banten.

Karena itu, leher knalpot yang bagus dari Enwan bertingkat dan tanpa sambungan pengelasan. Katanya, makin banyak sambungan pengelasan, makin ngaco turbulensi gas buang. “Untuk 2T, perhatikan leher knalpot kami sambungannya dari samping. Itu karena pakai pelat yang dicetak khusus,” tambah Rio.

Intinya mereka memberi panduan, agar kenalpot racing harian yang dibeli punya manfaat banyak. Misalnya, memerhatikan tekukan leher.  Bila perjalanan sehari-hari jarak  jauh dan jarang melewati macet, pililah yang tekukan lehernya melengkung halus atau kurang banyak tekukan. Sebaliknya, di jalan stop and go banyak macet, pilih saja kenalpot yang tiba-tiba tertekuk atau banyak tekukan tajam, itu tandanya untuk putaran bawah. Ardel

 

BAGIKAN