nhk

Pilih Sepatu Mengendara Untuk Mudik, Jangan Mahal-Mahal, Bro…

ManiakMotor – Ketenangan dalam berkendara sama dengan kenyamanan dan hasil akhirnya keselamatan. Salah satu penunjangnya safety gear. Sepatu misalnya, sering kali bergesek dengan aspal, tanah maupun pasir. Macet turun kaki, menikung pun kadang selonjor kaki. Wah, macam crosser saja, pakai turun kaki. Asal sepatunya jangan nyasar menendang motor di samping, coy.

Juga bijaksana memilih sepatu, apalagi untuk mudik. Jangan sampai untuk beli sepatu saja, sudah habis buat lebaran. Sssst… bayar nyicil alias kredit kan boleh juga. Yang penting gaya sampai di kampung. Lalu, sepatu keburu rusak, kredit belum lumas, nanti penagih utang datang ke rumah.

Sepatu yang pas bukan hanya kuat dan anti air, tetapi tingkat keamanannya sesuai kebutuhan. “Pemakaian sepatu untuk mudik sebenarnya sama dengan berkendara harian. Sepatu sebaiknya menutupi mata kaki dan tidak pakai tali,” ungkap Anggono Iriawan, Safety Riding and Motorsport Department Head PT. Astra Honda Motor.

Perhatikan juga hal lain penambah kenyamanan. Seperti model, warna dan ukuran. Model sepatu bisa disesuaikan dengan motor. Jangan sampai motornya bebek atau matik, tapi pakai boot. Yang sudah jelas lebih cocok untuk motor model turing. Hal kecil seperti ini, bisa jadi saat dipakai dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Masih ada satu lagi nih tips penting memilih sepatu. Coba perhatikan bagian telapak kaki. “Telapak atau alas sepatu berkendara tidak boleh menekuk ke bawah,” timpal  Acho Bule yang hobi turing jauh.

Cobalah sekuat tenaga membengkokan sepatu kearah bawah, bila sepatu tidak bergerak, segera beli deh. Itu bagus buat berkendara. Fungsi sepatu seperti itu, guna melindungi kontur tulang kaki saat sepatu membentur dan sepatu tidak akan terlipat. Apalagi saat jatuh, posisi kaki akan dijaga rata, telelapak tidak sampai mata kaki tidak akan patah. Hiii, jangan sampai deh, ngeriii. Tetap waspada dalam perjalanan, bro. ManiakMotor

BAGIKAN